84 Sabtu, 14 Juni 2014 | 14:12:30

Gedung Pemerintahan Tak Layak Pakai

Gedung Pemerintahan Tak Layak PakaiMerdeka

Jakarta Utara merupakan wilayah yang memiliki tingkat pembangunan properti yang dikatakan tinggi. Terlebih terhadap hunian vertikal, yakni apartemen. Apalagi banyak terdapat pusat perbelanjaan dan pusat bisnis serta fasilitas pendukung lainnya. Pembangunan kontruksi bersifat komersial di Jakarta Utara nyatanya kontras dengan keadaan bangunan di empat kantor pemerintahan Jakarta Utara.


Sudah seharusnya kantor-kantor pemerintahan memiliki standar bangunan yang telah ditentukan. Apalagi kantor kecamatan dan kelurahan merupakan citra awal pemerintah pusat di mata masyarakat. Hingga kini masih saja terdapat kantor pemerintahan yang mengandalkan gedung tua dengan representasi layak pakai yang sedikit.


Sebanyak 4 kantor pemerintahan dari 6 kantor kecamatan dan 31 kantor kelurahan yang ada di Jakarta Utara menyandang kantor dengan kondisi yang tidak layak. Keempat kantor tersebut, yaitu kantor Kelurahan Koja, kantor Kelurahan Kelapagading Barat, kantor Kelurahan Kapuk Muara dan kantor Kecamatan Kelapagading. Penyebabnya adalah lahan yang sangat minim, bangunan yang sudah tua, serta seringnya kantor-kantor ini mengalami banjir rob.

Kata Nana Hardiana, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakarta Utara, gedung-gedung tersebut memiliki lahan yang minim serta bangunannya tidak terdiri dari tiga lantai.
"Rencananya tahun 2017 semua gedung pemerintahan harus dibangun sesuai standar. Untuk tahun ini kami akan merenovasi tiga kantor kelurahan agar bangunannya menjadi layak," ujar Nana Hadiana, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Jakarta Utara.


Nana juga mengungkapkan adanya rencana pembangunan yang akan diusulkan tahun ini untuk merenovasi kantor Kecamatan Kelapagading. Selain itu, tahun ini juga ketiga gedung pemerintahan kelurahan akan dibangun dengan anggaran masing-masing gedung Rp7 miliar. Ketiga gedung itu, yakni kantor Kelurahan Koja, Kelurahan Kapuk Muara dan Kelurahan Kelapagading Barat.


Sumber: Berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Terkini

Selengkapnya

Referensi

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita