278 Sabtu, 14 Juni 2014 | 11:00:47

Solusi Baru Atasi Kemacetan

Solusi Baru Atasi Kemacetan

Nyatanya kemacetan di Jakarta belum juga ditemukan solusinya. Padahal Pemprov DKI sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurai kemacetan. Di antaranya membuat masyarakat merasa aman dan nyaman dengan meningkatkan kualitas transportasi umum. Misalnya saat ini saja, pembangunan MRT dan Monorail sedang dalam tahap pengerjaan demi tercapainya kenyamanan berkendara dengan transportasi massal. Contoh lain yang nantinya diharapkan bisa mengatasi solusi kemacetan adalah pengadaan Jalan Layang Non Tol atau JLNT.


Pada Januari 2014 lalu sebenarnya sudah ada JLNT yang diresmikan penggunaannya. JLNT yang sudah diresmikan ini menghubungkan kawasan Tanah Abang di Jakarta Pusat dan Kampung Melayu di Jakarta Timur. Saat ini kegunaan JLNT hanya untuk kendaraan pribadi saja, tidak untuk angkutan umum, seperti bis. JLNT yang ada di Antasari contohnya, selama ini jalur itu hanya digunakan untuk mobil-mobil pribadi. Demi mengatasi kemacetan, Pemprov DKI akan mengubah fungsi JLNT yang tadinya untuk mobil pribadi, nantinya diubah fungsi menjadi jalur khusus yang dilalui oleh transportasi umum.


Bahkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakn bahwa JLNT yang difungsikan khusus untuk transportasi umum, akan dibuatkan jembatan penghubung ke gedung perkantoran yang dekat dengan JLNT.


"Beberapa Jalan Layang Non Tol diubah jadi khusus untuk bus. Nanti ada sky bridge yang nyambung ke gedung-gedung, supaya nanti orang yang mau naik bus tinggal lewat di situ," ujar Basuki di Balaikota.


Hal ini tentu saja untuk membuat masyarakat bisa beralih ke transportasi umum untuk kenyamanan beraktivitas, bukan mengandalkan kendaraan pribadi yang notabene menambah kemacetan Ibu Kota. Basuki juga menjelaskan nantinya akan disiapkan bus tingkat agar memudahkan lansia yang kesulitan naik bus di halte Busway,bisa menggunakan fasilitas ini.


Sumber: Berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita