516 Jum'at, 13 Juni 2014 | 11:10:14

Megaproyek Reklamasi 17 Pulau

Megaproyek Reklamasi 17 Pulau

Pemprov DKI semakin hari semakin gencar membenahi Jakarta di berbagai sudutnya. Bahkan kini terdapat megaproyek yang diberi nama NCICD (National Capital Integrated Coastal Development) di Teluk Jakarta. NCICD merupakan hasil cetak biru lanjutan proyek Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS). Proyek ini dibuat untuk mencegah Jakarta dari air bah yang sebelumnya sudah diperhitungkan  kalau kontur tanah di Jakarta mengalami penurunan hingga 7,5 cm per tahun. Beberapa tahun ke depan jika tidak disiasati dengan megaproyek NCICD, maka Jakarta bisa saja tenggelam dengan rob.


Nantinya proyek National Capital Integrated Coastal Development ini akan terdiri dari tiga tahap pembangunan. Tahap pertama adalah melakukan reklamasi 17 pulau dan peninggian tanggul di Sunda Kelapa. Lalu di Tahap kedua adalah pembangunan awal konstruksi tanggul, dan tahap terakhir merupakan pembangunan tembok laut raksasa atau Giant Sea Wall. Ketiga tahap pembangunan ini tentunya sudah menjadi kewajiban semua perusahaan yang terlibat. Saat ini Fuhai Group asal Tiongkok berminat untuk ikut serta dalam megaproyek reklamasi NCICD.


Menurut Basuki, Fuhai Group bisa saja ikut berpartisipasi terhadap proyek ini dengan melakukan pengurukan pantai yang nantinya akan dibangun berbagai macam jenis properti. Ia juga mengatakan kalau ingin menyelesaikan proyek NCICD, proyek pembangunan tahap pertama sudah menjadi kewajiban semua pengembang pulau. Biaya yang diinvestasikan untuk proyek ini pun tentunya tak sedikit, sebanyak Rp200 triliun sudah siap untuk dianggarkan.


Sumber: Berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita