432 Jum'at, 13 Juni 2014 | 11:04:57

Perizinan Sertifikat Tanah Warga Jakarta

Perizinan Sertifikat Tanah Warga JakartaKompas

Program Terpadu Satu Pintu atau PTSP adalah program yang mengurus dan mempermudah berbagai macam bentuk pengurusan perizinan di DKI Jakarta. Program ini sebenarnya sudah mulai dibentuk sejak tahun 2007, namun pertama kali diterapkan pada Juli 2013 kemarin. Mulai dari perizinan surat tanah, perizinan membuka usaha, perizinan usaha industri, dan yang lainnya. Diharapkan melalui PTSP ini Jakarta bisa menjadi patokan dalam memberikan pelayanan yang baik agar nantinya dapat bersaing atau setara dengan kota-kota besar di Asia Tenggara.


Perbaikan pelayanan PTSP terus dilakukan dan ditinjau langsung oleh Pemprov DKI. Nantinya Pemprov DKI berharap melalui PTSP ini, warga Jakarta dapat mengurus sertifikat tanahnya dengan mudah. Menurut Basuki T Purnama, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, kalau warga Jakarta yang ingin mengurus permohonan sertifikat tanah bisa datang ke kantor PTSP dengan membawa seluruh kelengkapan permohonan serifikat tanah. Bahkan mulai Juni 2014 ini, pengurusan perizinan sertifikat tanah bisa diserahkan ke kelurahan atau kecamatan karena nanti seluruh kantor kecamatan dan kelurahan juga akan berfungsi sebagai PTSP.


Perizinan sertifikat tanah melalui PTSP ini akan ditindaklanjuti ke kantor Badan Pertanahan Nasional. Menurut Basuki, sistem PTSP ini diterapkan secara sederhana oleh Pemprov DKI, melalui program online PTSP tidak lagi bertindak sebagai calo, melainkan resmi melayani masyarakat yang mendapat mandat langsung dari Pemprov DKI.


"Kalau tidak ada sistem online, petugas PTSP kami itu seperti calo dalam tanda kutip. Warga cukup mendatangi kantor PTSP dengan melengkapi seluruh permohonan sertifikat tanah," ujarnya. Basuki akan menargetkan PTSP bisa segera melayani perizinan sertifikat tanah warga mulai Juli 2014 ini


Sumber: Berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita