315 Rabu, 11 Juni 2014 | 10:50:31

Kemenpera Bentuk Wadah Pengelola

Kemenpera Bentuk Wadah Pengelola

Masalah backlog yang kini sedang dialami oleh beberapa wilayah di Indonesia, cukup membuat pusing beberapa menteri yang memang terlibat di bidangnya. Contohnya seperti Kementrian Perumahan Rakyat atau Kemenpera. Saat ini Kemenpera siap melayani para pengembang rusun  untuk menyusun pengelola Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS).


Staf Ahli Menpera Bidang Ekonomi dan Keuangan, I Nyoman Shuida, mengatakan bahwa ia siap membantu masyarakat atau pengembang developer rumah susun atas pembentukan PPPSRS yang nantinya akan mempermudah pengelolaan di setiap rusun. Setidaknya apa yang akan direncanakan sesuai dengan fakta yang terdapat di lapangan. Tidak seperti selama ini yang nyatanya banyak surat pengaduan masyarakat atau pengguna rusun yang melapor ke Deputi Bidang Perumahan Formal Kemenpera. Ada 128 pengaduan yang masuk sejak tahun 2010, baik itu mengenai Rusun Sewa maupun Rusun Milik.


Kemenpera melalui PPPSRS nantinya juga akan mengadakan Pembinaan Teknis (Bintek) Pelaksanaan Pembentukan PPPSRS di rusun milik dan Bantuan Teknis (Bantek) Pengelolaan Rusun Sewa. Melalui hal semacam ini Kemenpera mengharapkan bisa mendapat respon yang positif, setidaknya bisa memberikan dan memperkaya informasi kepada para peserta binaan mengenai substansi pengaturan, baik untuk rusun sewa maupun rusun milik.


Nantinya Kemenpera juga akan melakukan penegakan hukum yang jelas mengenai rusun ini. Shuida mengatakan "Pemerintah melalui Kempera, juga ingin menegakkan hukum atau law enforcement untuk Rusun ini. Sebab di lapangan kadang pengembang hanya menjual brosur dan gambar sedangkan hasil pembangunan tidak sesuai dengan perjanjian sehingga merugikan masyarakat yang membeli Rusun tersebut."


Mengingat masalah pengadaan rumah yang kompleks ini, Shuida juga mengharapkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) turut serta membantu permasalahan pengadaan rumah ini, setidaknya membentuk divisi khusus yang menangani bidang properti.


Sumber: BeritaSatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita