339 Selasa, 10 Juni 2014 | 23:25:54

Kendala Pembangunan Rumah Rakyat

Kendala Pembangunan Rumah Rakyat

Program pembangunan rumah rakyat sudah semestinya ikut menjadi tanggung jawab pemerintah. Namun, ada saja kendalanya dalam proyek yang berpihak pada rakyat ini. Soal dana tentu yang menjadi daftar pertama kendala proyek perumahan rakyat.


Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Perumahan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Sri Hartoyo, mengatakan bahwa daya beli masayarakat yang rendah, terkait masalah pembiayaan. Skema FLPP serta biaya bank pelaksana ikut membantu proyek rumah rakyat ini. Dengan biaya bank, diharapkan bisa menghasilkan KPR murah, suku bunga tetap, dan tenor panjang sampai 20 tahun.


Sri Hartoyo juga mengatakan pokok masalahnya dibagi menjadi tiga, "Pertama yaitu masalah pertanahan, kedua pembiayaan, dan ketiga adalah masalah kordinasi dan pemerintahannya, " ucap dia di Jakarta.


Masalah kordinasi pemerintah seharusnya bisa berjalan dengan birokrasi yang mudah di era demokrasi ini. Apalagi untuk kepentingan rakyat terkait rumah hunian. Pemerintah dalam hal ini sudah semestinya mempertimbangkan anggaran yang perlu ditingkatkan, agar proyek perumahan rakyat terbebas dari kendala biaya.


Sri menyatakan kalau saat ini mengalami kendala dalam pengadaan dana FLPP, “Kebutuhan dana FLPP tahun ini mencapai Rp9,5 triliun. Sedangkan saat ini yang tersedia hanya Rp4,5 triliun. Ini yang tengah kita usahakan," ucap dia. Sri mengharapkan adanya solusi pembiayaan jangka panjang selain BTN dan SMF.


Sumber: Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita