302 Selasa, 20 Mei 2014 | 12:29:55

Inilah Lokasi Bandara Kedua Bali

Inilah Lokasi Bandara Kedua Bali

Kepopuleran Bali di kancah dunia internasional membuat Made Mangku Pastika selaku Gubernur Bali memutuskan untuk membangun bandara kedua di daerah Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Pembangunan ini selain untuk melengkapi bandara Ngurah Rai yang sudah ada, juga solusi dari ketimpangan perekonomian yang terjadi di wilayah utara dan selatan Bali.

Pembangunan bandara ini mendapatkan masukan dari berbagai pihak seperti kaum akademisi dan tokoh-tokoh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Made Sendra selaku Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana  menyatakan, menentukan lokasi bandara udara internasional di Buleleng tidak mudah karena menyangkut adat, budaya, dan sosial. Masyarakat setempat tak menolak perubahan dan modernisasi.

”Hanya saja, beberapa lokasi dan bangunan di calon lokasi bandara memiliki nilai histori sehingga kami berharap agar semua bangunan yang dianggap sakral dan histori tidak hilang,” kata Sendra.

Pembangunan ini dijanjikan Pastika tidak akan menggusur atau mengganggu bangunan pura dan penduduk dengan berlebihan.

”Yang pasti, pembangunannya harus hati-hati dan serius. Ini termasuk memikirkan infrastruktur di sekitarnya nanti. Kami akan berupaya menggunakan lahan provinsi agar tidak mengganggu masyarakat,” ujarnya.

Bandara baru yang direncanakan mulai dibangun tahun 2018 mendatang akan berada di atas lahan sekitar 600 hektar dengan menelan dana mencapai Rp 3 triliun.

Pada bulan Mei ini, Pastika berharap dapat melaporkan rencana pembangunan bandara kedua ini ke pemerintah pusat di Jakarta.

Sumber : Kompas

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita