15 Jum'at, 16 Mei 2014 | 17:43:43

Perlambatan Terjadi Pada Semua Tipe Rumah!

Perlambatan Terjadi Pada Semua Tipe Rumah!

Perlambatan harga rumah terjadi merata di semua tipe rumah khususnya menengah dan besar. Tidak hanya itu, pertumbuhan volume penjualan properti juga melambat. Hal ini merupakan dampak dari kebijakan Loan to Value (LTV) yang diterapkan oleh Bank Indonesia pada September 2013.  Hal ini dipaparkan oleh Survei Harga Properti Residensial kuartal I 2014 yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI).

Ini terlihat dari Indeks Harga Properti Residensial yang tumbuh hanya 1,45 persen secara triwulanan (qtq) atau 7,92 persen secara tahunan (yoy). Indeks kuartal I ini lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal sebelumnya sebesar 1,77 persen (qtq) atau 11,51 persen (yoy).

Tak hanya itu pembiayaan pembangunan properti residensial (58,91 persen) bersumber dari internal pengembang. Sedangkan 72,32 persen konsumen masih menggunakan  KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sebagai fasilitas pembiayaan.

Tercatat volume pertumbuhan penjualan properti residensial jauh menurun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu dari 31,54 persen menjadi hanya 15,33 persen.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita