644 Rabu, 07 Mei 2014 | 15:49:39

Potensi Samarinda di Masa Depan

Potensi Samarinda di Masa Depan

Pulau Kalimantan menjadi target ekspansi dari para pengembang besar. Selain Balikpapan, mereka juga membidik Samarinda, Kalimantan Timur, sebagai target selanjutnya. Samarinda diyakini mempunyai pangsa pasar yang cukup bagus. Nama PT Karunia Abadi Sejahtera , anak perusahaan Agung Podomoro Land, santer terdengar dalam proyek pembangunan  Bukit Mediterania Samarinda, perumahan menengah atas yang berlokasi di MT Haryono, Rawa Indah, Kalimantan Timur.

Perumahan yang dibangun di atas lahan seluas 38 hektar dan terdiri dari 5 kluster ini dikembangkan sejak tahun 2005 lalu. Harga yang ditawarkan pun terbilang fantastis yaitu Rp 800 juta hingga Rp 2 miliar per unit.

Perusahaan tambang nasional dan multinasional, juga ikut mendorong pesatnya pembangunan properti di kota ini.

"Perusahaan tersebut merupakan demand generator (pemantik permintaan) properti yang sudah pasti "menularkan" daya beli tinggi. Kehadiran mereka yang membuat kebutuhan properti, khususnya hunian dan pusat belanja di Samarinda meningkat dari tahun ke tahun. Namun, sayangnya, pasokan baru sangat terbatas jumlahnya dan sangat tidak seimbang. Ini kesempatan buat pengembang untuk membangun dua jenis properti tersebut," kata Arief N Rahardjo  selaku Senior Associate Director and Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia.

Summarecon Agung Group, dan Sinarmas Land Group juga menjadikan Samarinda sebagai target ekspansi mereka dalam bidang properti.

Kuatnya daya beli masyarakat Samarinda dari total populasi sebanyak 785.900 (data BPS 2013) juga diakui oleh Johan Giam selaku Associate Director Ciputra Group. Penjualan CitraLand City tahap I di atas lahan seluas 33 hektar kini hanya menyisakan beberapa unit yang belum terjual. Ciputra tengah mengembangkan pembangunan CitraLand City tahap II di atas lahan seluas 60 hektar.

Bersamaan dengan itu,  Ciputra Group akan membangun CitraGrand Senyiur City, yang mengusung konsep township development, bekerjasama dengan mitra lokal Kelompok Usaha Senyiur dan PT Sumber Mas pada 08 Mei 2014 mendatang.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita