197 Selasa, 22 April 2014 | 14:48:41

Badan Independen Perumahan Harus Segera Dibentuk!

Badan Independen Perumahan Harus Segera Dibentuk!

Badan Independen Perumahan bertugas untuk mengendalikan harga tanah, menjamin ketersediaan tanah untuk perumahan masyarakat berpenghasilan rendah, mengurangi backlog serta menjadi eksekutor dalam pembangunan hunian tapak maupun vertikal.

“Jika memungkinkan badan ini harus sesedikit mungkin bekerjasama dengan pihak swasta, namun jika terpaksa harus bekerjasama dengan swasta, mesti ada batasan-batasan yang jelas,” papar Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, Senin (21/4).

Ali berharap badan ini tidak hanya mencontoh Housing and Development Board (HDB)  Singapura tapi juga berada langsung dibawah presiden bukan Kementerian Perumahan Rakyat.

HGB Singapura menangani pembangunan rumah dan kepemilikan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, yang berada di bawah kendali Kementerian Pembangunan Nasional (Ministry of National Development). Adapun dana untuk pembiayaan rumah HGB berasal dari CPF (Central Provident Fund) yang bersumber dari anggota CPF dan para pemberi kerja (employer) yang bersifat wajib diikuti oleh warga negara Singapura yang bekerja dan para permanent resident (PR).

Ordinary Account, Special Account, dan Medisave Account merupakan jenis akun (rekening tabungan) di CPF yang berbeda fungsi semisal Ordinary Account dapat dimanfaatkan untuk pembelian properti, asuransi, investasi, dan pendidikan.

Adapun kombinasi dana yang terhimpun di CPF sebanyak 36%, dimana employer (16%) dan kontribusi karyawan dengan kriteria usia di bawah 50 tahun (20%). Jangka waktu angsuran (tenor) maksimal mencapai 65 tahun dengan perhitungan masa angsuran maksimal dikurangi usia pembeli, semisal kalau pembeli tersebut berusia 30 tahun maka dia memiliki jangka waktu angsuran selama 35 tahun.

Program yang diusung HGB yaitu Rental Flats (aparteman sewa) yang telah mencapai 6% dan Homeownership Flats (apartemen milik) dengan pencapaian 94%.

Ide untuk mengusulkan dibentuknya Badan Independen Perumahan muncul ketika Perumnas berubah menjadi BUMN yang tidak lagi khusus mengurus perumahan rakyat.

“Perumnas sudah tak lagi membangun rumah subsidi, tetapi perumahan komersial,” ucap Ali.

Sumber : Rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita