265 Senin, 21 April 2014 | 17:06:27

Ini hebatnya Konstruksi Sarang Laba-laba

Ini hebatnya Konstruksi Sarang Laba-laba

Konstruksi Sarang Laba-laba (KSLL) diyakini lebih efisien untuk dijadikan model konstruksi rumah. Model ini sudah diterapkan dalam berbagai bangunan terutama di daerah-daerah rawan gempa seperti Aceh, Sumatra Barat, dan Sulawesi Barat.

"Konstruksi ini dirancang sangat rigid, kaku, karena merupakan konstruksi yang diisi dengan tanah padat di dalamnya. Dengan begitu, konstruksi ini kuat untuk menahan gempa, termasuk di Aceh yang diklaim sebagai gempa nomor dua terbesar dunia," ujar Muhamad Basir, Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero).

Bangunan yang tidak menggunakan KSLL saat gempa di Aceh harus dirobohkan dulu sebelum kemudian dibangun kembali.

PT Yodya Karya (Persero) ,BUMN penyedia jasa konsultan konstruksi, bekerjasana dengan Katama, untuk mengembangkan penggunaan konstruksi sarang laba-laba (KSLL) yang telah mengantongi beberapa penghargaan di antaranya dari Kementerian PU, Indocement, Kementerian Ristek, dan Upakarti. KSLL memberikan jaminan selama 10 tahun.

"Setidaknya ada tiga pertimbangan bagi pemberi kerja sebelum memutuskan menggunakan konstruksi bangunan yakni murah, mudah, dan cepat dalam pelaksanaannya tanpa mengurangi kekuatan. Sedangkan kita, sebagai konsultan, wajib menyampaikan pendapat secara profesional," kata Basir.

Penggunaan konstruksi ini bisa menghemat bahan bangunan sampai 50% karena walaupun menggunakan slab beton setebal 50 -70 cm, namun konstruksi ini hanya menggandung 15 persen beton, dan sisanya 85 persen merupakan tanah yang dipadatkan.

Kris Suyanto, Direktur Utama PT Katama Surya Bumi, pemegang paten konstruksi sarang laba-laba mengatakan bahwa kerja sama dengan ahli-ahli konstruksi dari kalangan perguruan tinggi, akan mengembangkan KSLL dan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi konstruksi saat ini.

Upaya perluasan penggunaan KSLL ini dilanjutkan oleh kajian ilmiah seperti seminar dan konferensi. Ini dikemukakan oleh Moh.Ali Khairudin, Direktur Operasi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita