139 Selasa, 08 April 2014 | 14:16:55

Suburban Mulai Dilirik untuk Perkantoran

Suburban Mulai Dilirik untuk Perkantoran

Kemacetan yang kian menjadi di Ibukota Jakarta membuat kawasan pinggir kota atau suburban dilirik untuk dijadikan proyek perkantoran. Ini diungkapkan oleh Bagus Adikusumo, Director Office Services Colliers International Indonesia dalam paparan Jakarta Property Market Report Kuartal IV-2014 di Jakarta, Senin (7/4).

“Lifestyle yang ada membuat pengembang mengembangkan proyek perkantoran yang dekat dengan rumah tinggal karyawan, yang kebanyakan memang berada di kawasan suburban Jakarta, seperti Bekasi, Serpong, Tangerang,” kata Bagus.

Pembangunan unit perkantoran yang dekat dengan lokasi pabrik diaras lebih menghemat waktu dan biaya. Banyak pabrik yang berada di daerah Cikarang, Bekasi, atau Tangerang dengan kantor pusat yang berada di pusat kota Jakarta. Dapat dibayangkan jarak tempuh jajaran direksi jika harus ke kantor pusat.

PT Metropolitan Land, Tbk (MTLA) (proyek perkantoran di Bekasi)  serta  PT Sinarmas Land (proyek perkantoran di Serpong) disebut Bagus sebagai pengembang yang sukses membangun perkantoran di suburban.

“Untuk tes market, kami biasanya menyarankan untuk membangun unit berskala kecil dulu, antara 15 ribu meter persegi sampai 20 ribu meter persegi. Kuncinya ada di akses transportasi dan juga fasilitas makanan. Kalau dua itu ada, sekalian saja buat yang besar,” pungkasnya.

Sumber : Rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita