117 Rabu, 26 Maret 2014 | 10:03:15

Ekspansi Bos AirAsia di Bisnis Perhotelan

Ekspansi Bos AirAsia di Bisnis Perhotelan

Pendiri sekaligus CEO AirAsia Tan Sri Tony Fernandes sudah memiliki jaringan hotelnya sendiri, Tune Hotel. Selangkah lagi, Tony akan semakin mengkukuhkan dirinya sebagai pebisnis hotel. Rencananya, dia akan melakukan backdoor listing atas saham PT Pusako Tarinka Tbk (PSKT). Di mana PSKT akan menerbitkan 1,27 miliar saham baru atau setara dengan 93,95 persen dari jumlah seluruh saham yang ditempatkan dan disetor perseroan.

Saham tersebut akan dilepas pada harga Rp500 per saham sehingga dana segar yang diraih sebesar Rp635,5 miliar. Jika pemegang saham lama tidak mengeksekusi right issue (hak memesan efek terlebih dahulu/HMETD), maka akan terdilusi sebesar 93,95 persen.

Dan pembeli siaga, yang siap menampung saham-saham baru adalah Red Planet Hotel Indonesia dan PT Crios Indonesia. Red Planet akan menjadi pemegang saham pengendali PSKT dengan kepemilikan sebesar 65,76 persen sedangkan Crios akan memiliki 28,18 persen saham PSKT.

Di sisi lain, Tune Hotel yang selama ini dikuasai Tony melalui Red Planet Hotel Holdings dan PT Crios akan menjual 13 hotel bujetnya kepada PSKT. Demikian terungkap dalam keterangan tertulis Corporate Secretary Pusako Tarinka, Heru Suadi, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (25/3/2014).

Caranya, PSKT akan menerbitkan promissory notes untuk membayar 13 hotel bujet tersebut. Selanjutnya, sebesar Rp615 miliar hasil right issue PSKT akan digunakan untuk membayar notes tersebut.

Tapi, Heru, menjelaskan jika Tune Hotel didirikan oleh Tony Fernandes. Saat ini, Red Planet memiliki 17 persen saham dari Tune Hotel. Saat ini, Red Planet merupakan master franchise dari merek Tune Hotel di seluruh Asia. Namun, Red Planet disebut bukan milik Tony Fernandes.

"Tony Fernandes tidak akan tercatat menjadi pengendali perseroan apabila right issue tersebut tidak diserap oleh pemegang saham lainnya," katanya. (wdi)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita