164 Senin, 24 Maret 2014 | 09:05:34

'Pasar Seni Sukawati Perlu Dibenahi' , Kata Jokowi

'Pasar Seni Sukawati Perlu Dibenahi' , Kata Jokowi

Calon Presiden dari PDI-P yang juga Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Minggu  (23/3), berkunjung ke Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Bali. Dalam kunjungan ini, Jokowi antara lain meminta Pasar Seni Sukawati dibenahi, baik infrastruktur dan manajemennya agar bisa bersaing dengan pasar modern yang ada. Kedatangan Jokowi ke Pasar Seni Sukawati Gianyar menarik perhatian para pengunjung dan pedagang. Mereka berebutan minta foto bareng Jokowi.

Di Pasar Seni Sukawati, Jokowi membeli beberapa macam oleh-oleh seperti kaos, kain, kerajinan dan lain-lain.

"Untuk oleh-oleh istri, anak teman dan tetangga," ujarnya.

Jokowi ditemani Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Gianyar Anak Agung Berata, sejumlah kader PDI-P lainnya, serta ahli infrastruktur Bali yang juga calon DPD Bali, AA Putu Ngurah Wirawan.

Dalam kunjungan ke Pasar Seni ini, Jokowi mengaku sudah datang lebih dari tujuh kali ke Sukawati.

Menurut Jokowi, Pasar Seni Sukawati perlu mendapat perhatian lebih banyak di sisi infrastruktur seperti fasilitas parkir, manajemen pasar, dan memeperluas jaringan untuk menarik turis ke Pasar Seni.

"Infrastruktur pasar harus lebih banyak dibenahi, terutama parkirnya agar orang lebih nyaman datang ke sini, saya pemerintah bisa mewujudkan ini," ujarnya.

Anak Agung Gede Raka Wibawa Putra, Kepala Pasar Seni Sukawati, menyatakan, Pasar Seni Sukawati kini sepi semenjak banyaknya berdiri pasar oleh-oleh modern sekitar tahun 2002.

"Selain karena faktor persaingan dengan pasar oleh-oleh modern, masalah lan yang dihadapi adalah masalah kantong parkir. Pedagang dan masyarakat Sukawati kini prihatin dengan sepinya pengunjung sejak 12 tahun terakhir. Harapan kami agar pasar bisa ramai seperti dulu, dan bus bisa masuk," ujarnya.

Terkait kondisi Pasar Seni Sukawati, ahli infrastruktur Bali, AA Putu Ngurah Wirawan menyatakan, persoalan di Pasar Seni Sukawati bisa diatasi dengan membangun privatisasi dan memberikan pengunjung pasar Sukawati semacam intensif, agar bisa bersaing dengan pasar modern.

"Selain itu yang perlu dicarikan solusi adalah masalah infrastruktur bangunan dan fasilitas parkir yang cukup, ini harus dibicarakan dengan pemerintah. Pedagang juga harus bersatu sehingga harga dagangan bisa bersaing dengan menjual produk yang berkwalitas," ujarnya.[137]

Sumber : Suara Pembaruan

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita