286 Senin, 24 Maret 2014 | 08:31:21

'Green Building' Swasta Pertama di Surabaya

'Green Building' Swasta Pertama di Surabaya

Laboratorium Klinik Prodia segera menuntaskan gedung baru Graha Prodia yang dirancang dengan mengacu pada konsep green building, di Jalan Diponegoro 149-151 Surabaya. Jika pembangunan gedung sembilan lantai tersebut rampung, maka akan menjadi bangunan hijau milik swasta pertama di kota ini. Menurut Dewi Muliaty, Presiden Direktur PT Prodia Widyahusada, Graha Prodia Surabaya merupakan gedung berkonsep hijau yang sesungguhnya, karena akan mendapatkan sertifikat Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) yang dikeluarkan United States Green Building Council (USGBC).

"Kami juga tengah berupaya menjadikan laboratorium di Graha Prodia Surabaya ini mengadopsi  green laboratory, konsep tersebut saat ini belum rampung dibahas di forum International Federation of Clinical Chemistry (IFCC)," katanya, Sabtu (22/3/2014) saat acara Topping Off Graha Prodia Surabaya.

Dewi menolak membeberkan nilai investasi gedung yang berlokasi di pusat Kota Surabaya tersebut, dia hanya memberikan gambaran, karena menganut konsep gedung hijau yang memiliki banyak persyaratan, nilai investasi Graha Prodia Surabaya lebih besar 30 persen ketimbang biaya pembangunan gedung sembilan lantai pada umumnya.

Ivan Priatman, Konsultan Perencana Pembangunan Graha Prodia dari PT Archimetric, mengatakan, ada lima standar penilaian bagi gedung yang akan memperoleh sertifikat hijau dari LEED, yakni performa bangunan dari segi lokasi, dan cara mengurangi pengaruh terhadap lingkungan sekitar, bagaimana mereduksi pemakaian air bersih, performa dalam efisiensi energi, standar pemakaian material yang ramah lingkungan, serta kualitas dalam ruangan yang meliputi kualitas udara, interior, dan akses terhadap penerangan alami.

"Semua aspek kami desain lebih ramah terhadap lingkungan. Jika gedung ini selesai, maka menjadi gedung swasta pertama yang berkonsep gedung hijau dengan sertifikast LEED. Di Surabaya, bangunan berkonsep hijau sebelumnya hanya ada satu, yakni gedung milik Konsulat jenderal Amerika Serikat," pungkasnya.

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita