131 Rabu, 19 Maret 2014 | 11:07:25

Pengembang Harus Sinergi Bangun Rumah Terjangkau

Pengembang Harus Sinergi Bangun Rumah Terjangkau

Pengembang perumahan dan pihak pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah mesti bersinergi dalam memperbanyak pembangunan rumah dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

"Pemerintah perlu mendorong asosiasi pengembang membangun rumah rakyat guna memperkecil angka kekurangan rumah terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata Ferry Sandiyana, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (18/3).

Untuk itu, menurut dia, pemerintah agar jangan sampai membatasi afiliasi pengembang karena dinilai bakal kontraproduktif guna mengatasi kekurangan rumah yang diperkirakan telah mencapai sekitar 15 juta unit rumah.

Sedangkan pengembang juga diharapkan dapat berjuang untuk memenuhi cita-cita dan amanah konstitusi yakni merumahkan masyarakat.

Kementerian Perumahan Rakyat bertekad untuk terus memperjuangkan peningkatan anggaran perumahan dan meminta pemerintah daerah juga dapat memprioritaskan pelaksanaan program perumahan di daerah masing-masing.

"Kami akan terus memperjuangkan peningkatan anggaran perumahan ke depan," kata Djan Faridz, Menteri Perumahan Rakyat.

Menpera mengemukakan, target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional pemerintah untuk bidang perumahan adalah membangun 1,35 juta unit rumah, namun anggaran yang ada hanya cukup untuk 100.000 unit rumah per tahun.

Untuk itu, ia juga meminta dukungan dari para kepala daerah di seluruh Indonesia untuk ikut memprioritaskan pembangunan perumahan bagi masyarakat miskin dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerahnya masing-masing.

Menurut dia, selama ini masih banyak keterbatasan yang dihadapi oleh Kemenpera untuk mengurangi "backlog" (kekurangan) perumahan di Indonesia yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahun.

Selain anggaran yang terbatas, lanjutnya, banyak pemerintah daerah yang dinilai belum sepenuhnya memberikan perhatian khusus pada masalah perumahan.(*/hrb)

Sumber : Investor Daily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita