142 Selasa, 18 Maret 2014 | 09:32:17

Zero Run Off, Cara Depok Optimalkan Hemat Energi

Zero Run Off, Cara Depok Optimalkan Hemat Energi

Kota Depok memiliki visi misi sebagai kota jasa dan niaga. Meski banyak dikritik pusat pertumbuhan hanya terjadi di Jalan Margonda, Beji saja, namun Pemerintah Kota Depok berdalih bahwa dalam Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang nanti akan diatur zonasi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Nur Mahmudi Ismail, Wali Kota Depok mengatakan sedikitnya ada enam pusat pertumbuhan ekonomi baru. Dari mulai zonasi pemukiman, jasa, industri, pertanian, dan perdagangan.

“Enam pusat pertumbuhan ekonomi di Depok perkembangan arahnya kepada perdagangan dan jasa, daerah itu salah satunya di utara Cinere, barat Bojongsari Sawangan, selatan Cipayung, tengah kota Depok, timur Cimanggis dan Tapos yakni Cilangkap Jatijajar,” jelasnya.

Dengan adanya enam pusat pertumbuhan ekonomi baru dan infrastruktur jalan tol, Nur Mahmudi yakin bahwa investor akan terus berdatangan. Namun ia menegaskan bahwa investor harus mematuhi aturan tata ruang.

“Misalnya soal perizinan, IMB dan sebagainya, tentu aturannya jelas,” tegasnya.

Selain perizinan yang harus dipatuhi, Nur Mahmudi juga meminta setiap investor property untuk hemat energi. Yakni dengan konsep green building hingga hemat air bawah tanah.

“Dalam menjaga lingkungan, hasil kajian teknologi kami dengan LIPI diadopsi, tak boleh ada air yang terbuang keluar gedung-gedung mal, perkantoran, apartemen, harus zero run off dengan cara apa, kawasan dibangun, jangan lari ke drainase, tetapi bangun sumur resapan dan sumur imbuhan,” tandasnya. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita