126 Senin, 10 Maret 2014 | 10:47:44

Begini Cara Kendalikan Harga Properti

Begini Cara Kendalikan Harga Properti

Menurut Ali Tranghanda dari Indonesia Property Watch, hingga saat ini kenaikan harga properti yang sangat tinggi tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah. Mekanisme pasar memegang otoritas penuh dalam penentuan harga pasar. Untuk itu, perlu langkah lebih dari pemerintah untuk mengendalikan harga properti ini.

“Dengan tingkat permintaan yang tinggi, maka sah-sah saja banyak pengembang yang ikut menaikan harganya sebab harus mengejar profit,” katanya.

Untuk itu, IPW berpendapat, Indonesia sudah membutuhkan adanya kementerian khusus yang menangani properti. Ia menyarankan agar pemerintah Indonesia dapat meniru  langkah negara tetangga Singapura dengan membentuk Housing Development Board (HDB) sebagai lembaga perumahan nasional Singapura. Dengan lembaga ini, jelasnya, para pengembang tidak bisa lagi menaikan harga terlalu tinggi karena harus bersaing dengan proyek HDB yang membanjiri pasar.

“Ketika harga properti naik tidak terkendali, HDB  membangun rumah-rumah menengah dengan harga wajar. Para pengembang mempunyai pesaing. Itu juga dilakukan oleh Malaysia untuk mengendalikan harga tanahnya,” rincinya.

Tetapi, bukankah Kementerian Perumahan Rakyat dapat menjalankan fungsi ini? 

“Kementerian Perumahan Rakyat tidak bisa melaksanakannya karena terkait dengan otonomi daerah,” imbuhnya.

Penulis  : Ferdinand Lamak
Sumber : Rumah123


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita