94 Selasa, 04 Maret 2014 | 14:34:08

Sampai 2014, Kemenpera Bangun 592 Twin Block untuk Pesantren

Sampai 2014, Kemenpera Bangun 592 Twin Block untuk Pesantren

Berkembangnya pondok pesantren sebagai salah satu sarana pendidikan nonformal di Indonesia membuat jumlahnya tumbuh pesat. Saat ini saja, menurut data dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), jumlah pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia tercatat mencapai 27 ribu. Namun masih banyak di antaranya ponpes tersebut yang masih kurang layak huni.

Salah satu yang menjadi target pembangunan pesantren oleh Kemenpera yaitu Pesantren Putra YTPS NU Khadijah, Wonokromo, Surabaya. Setelah melakukan peletakan batu pertama baru-baru ini, rumah susun sewa (Rusunawa) untuk pondok pesantren ini nantinya akan dibangun di lahan seluas 1.500 meter persegi. Rusunawa setinggi empat lantai ini direncanakan akan menampung sekira 200 santri.

“Melalui pembangunan rumah susun ini, Insya Allah akan lebih mengoptimalkan kegiatan pendidikan di pondok pesantren dan menjadikan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang lebih tertata dan membanggakan,” kata Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz, yang dikutip dari situs Kemenpera, Selasa (4/3/2014).

Salah satu upaya peningkatan dan pemberdayaan pondok pesantren oleh Kementerian Perumahan Rakyat adalah memberikan bantuan pembangunan Rumah Susun Sewa untuk Pondok Pesantren.

Pada Tahun 2010 Kementerian Perumahan Rakyat telah membangun sebanyak 8 TB; Tahun 2012 sebanyak 77 TB;  Tahun 2013 sebanyak 127 TB;  dan pada Tahun 2014 direncanakan Kemenpera akan membangun sebanyak 380 TB di 378 lokasi.

Jumlah total sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 mendatang, Kementerian Perumahan Rakyat telah dan akan menyelesaikan pembangunan 592 TB Pondok Pesantren.

Sekedar informasi, untuk tahun 2014, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menargetkan akan membangun sebanyak 360 rusunawa di kalangan pondok pesantren se Indonesia. Adapun dana yang telah disiapkan untuk pembangunan dan renovasi pondok pesantren ini mencapai Rp4,6 triliun. (wdi)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita