4 Selasa, 04 Maret 2014 | 11:01:26

Ini Daftar Apartemen Termahal di Jakarta

Ini Daftar Apartemen Termahal di Jakarta

Jumlah pasokan apartemen mewah di Indonesia memang terbatas, hanya 1 persen dari total 140.000 unit. Dengan jumlah sedikit tersebut, dapat dipastikan pembelinya pun sangat spesifik. Menurut Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, pembeli apartemen premium tersebut membeli bukan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal melainkan untuk kebutuhan kebanggaan (pride needs) dan koleksi.

Hal senada dikatakan CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono, bahwa profil pembeli apartemen mewah adalah kalangan yang sama dengan pengoleksi properti mewah lainnya terutama di kawasan premium Jakarta dan Bali.

"Mereka tidak memburu imbal hasil karena memang investasi apartemen kelas atas tidak menarik. kalau dijual tidak akan terserap dalam waktu cepat. Mereka itu pengguna akhir, bukan investor," ujar Hendra, Senin (3/3/2014).

Ferry menambahkan, karakter pembeli khusus dan pasokan terbatas itu menjadi stimulan melesatnya pertumbuhan harga apartemen mewah. Akselerasinya mencapai 30 persen per tahun.

"Rekor apartemen termahal dan termewah saat ini masih dipegang oleh Keraton Residence di area pengembangan Plaza Indonesia. Harga jualnya mencapai level 12.000 dollar AS atau Rp 138,8 juta per meter persegi," ungkap Ferry.

Jika ukuran terkecilnya 300 meter persegi, maka harga per unit apartemen yang dikembangkan PT Plaza Indonesia Realty Tbk ini mencapai Rp 41,6 miliar!

Tak mengherankan. Pasalnya, tambah Ferry, pembeli Keraton Residence didominasi oleh kalangan elite negeri ini. Calon pembeli rela menguras pundi lebih dalam, asalkan bisa bertetangga dengan kalangan elite tersebut.

Apartemen mana lagi yang ditawarkan dengan harga fantastis? Selain Keraton Residence, berdasarkan riset Colliers International Indonesia yang dikutip Ferry, terdapat empat apartemen lainnya dengan kategori mewah.

Keempat apartemen tersebut adalah Raffles Residence di Ciputra World Jakarta yang digarap PT Ciputra Property Tbk, Dharmawangsa Residence (Samudera Nayaka Unggul Group), Pacific Place Residence (Dua Mutiara Group), dan The Pakubuwono Signature (The Pakubuwono Development).

"Harga terendah keempat apartemen tersebut Rp 60 juta per meter persegi," imbuh Ferry.

Direktur PT Ciputra Property Tbk, Artadinata Djangkar, menolak memberikan keterangan mengenai harga aktual Raffles Residence.

"Harga Raffles Residence tidak bisa kami ekspos," ujar Artadinata.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita