290 Senin, 03 Maret 2014 | 12:00:13

Surabaya Barat dan Timur Berebut Pasar Apartemen

Surabaya Barat dan Timur Berebut Pasar Apartemen

Pasar apartemen di Surabaya sejauh ini masih menunjukkan perkembangan signifikan dengan makin banyaknya orang yang berinvestasi di sektor hunian vertikal ini. Hal ini pun menjadi faktor pendorong meningkatnya harga apartemen di Kota Pahlawan selama semester II-2013 lalu.

Hampir semua pengembang terlihat menyesuaikan harga jual apartemen. Pada periode tersebut, harga rata-rata apartemen di Surabaya naik menjadi Rp14,6 juta per meter persegi, atau meningkat 7,4% dalam enam bulan sejak semester pertama 2013. Demikian penuturan Ferry Salanto, Head of Research Colliers International Indonesia dalam Surabaya Apartment Market Report Semester II-2013.

Riset tersebut menyebutkan, dua proyek apartemen diserahterimakan selama semester II-2013, yaitu Puncak Kertajaya (Tower B) dan Puri Mas Apartment, keduanya berada di Surabaya Timur.

Hingga akhir 2013, jumlah unit apartemen di Surabaya naik 11% menjadi 16.380 unit. Surabaya Timur menjadi penyumbang terbesar (32%) dengan tambahan dua proyek baru di semester kedua. Surabaya Timur adalah lokasi pilihan bagi pelajar, karena merupakan lokasi banyak universitas dan institusi pendidikan lain.

Surabaya Barat tetap lokasi untuk sebagian besar proyek apartemen, terutama di sepanjang Jalan HR Muhammad, Jalan Darmo Boulevard, dan Jalan Raya Darmo. Pertumbuhan perumahan merupakan faktor pendorong sektor apartemen di kawasan ini.

Sejauh ini, Surabaya Barat tetap menjadi daerah dengan jumlah unit apartemen terbanyak dengan persentase (48%), diikuti Surabaya Timur (39%), Surabaya Selatan (9%), dan Surabaya Tengah (4%).

Pada periode Juni – Desember 2013, setidaknya ada empat proyek apartemen baru yang diluncurkan di Surabaya, dengan total 2.153 unit. Keempat proyek tersebut adalah: My Tower (1.200 unit), The City Square (160 unit), Grand Sungkono Lagoon (500 unit), dan Praxis (293 unit).

Hingga 2016, pasar apartemen strata-title Surabaya akan kebanjiran suplai dengan total 20.398 unit dari 19 proyek apartemen baru. Angka ini akan menjadi rekor baru bagi Surabaya—jika semua proyek rampung tepat waktu.

Anto Erawan
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita