376 Senin, 03 Maret 2014 | 10:53:44

Zero Energy, Syarat Green Building

Zero Energy, Syarat Green Building

Konsep green building merupakan sebuah konsep pembangunan gedung yang ramah lingkungan. Konsep pembangunan gedung ini diklaim mampu menghemat penggunaan energi, sehingga otomatis dapat mampu menghemat pengeluaran.

Menurut Pakar Arsitektur dan Duta Holcim Award Asia Pasific, Prof Gunawan Tjahjono, gedung-gedung dengan konsep green building di Indonesia jumlahnya masih tergolong minim. Biayanya konstruksinya yang agak sedikit lebih mahal menjadi kendala bagi sejumlah pengembang. Untuk Jakarta, menurutnya jumlah gedung yang dibangun dengan konsep green building masih sedikit. Sementara itu, menurutnya syarat sebuah gedung dikatakan green building itu harus zero energy.

"Salah satu contoh green building di Jakarta yaitu Kemang Village. Di sana ada teknologi yang disebut dengan zero rain off. Zero rain off ini merupakan sebuah tehnik penampungan air hujan yang turun yang kemudian dimanfaatkan untuk keperluan internal gedung," ucapnya di sela-sela acara Media Gathering Holcim Awards di Jakarta, Sabtu (1/3/2014).

Menurutnya, dengan teknologi zero rain off ini dapat meminimalisir dampak banjir yang ada di Jakarta. Teknologi ini menurutnya disebut juga dengan istilah memanen air. Dia menyebut teknologi zero rain off ini harusnya dipraktekkan oleh semua gedung-gedung yang ada di Jakarta.
 
Gunawan menyebut kalau teknologi zero rain off ini jauh lebih efektif daripada sumur resapan, karena menurutnya tidak semua tempat bisa dijadikan sumur resapan.

"Di Singapura itu gedung-gedung pada pagi hari biasanya menampung cahaya matahari ditampung untuk dipantulkan pada lampu. Selain itu mereka juga menggunakan AC dari lantai. Jadi bisa dipakai secara individu dan mengurangi daya listrik," ucapnya, Minggu (2/3/2014).

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebenarnya Indonesia juga bisa, tapi tidak harus seperti itu untuk melakukan zero energy ini. Menurutnya dengan mengubah gaya hidup saja itu sudah cukup membantu.

"Para pengembang harusnya jangan ikuti semua kemauan owner, tapi pengembang juga harus masuk ke dalam wilayah yang meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dengan membangun green building." lanjutnya

"Harusnya pengembang-pengembang yang membangun gedung di Jakarta sadar akan tentang pembangunan yang berkelanjutan. Kurangi keserakahan dan tingkatkan kesadarannya agar memperhatikan kelangsungan lingkungan sekitar," tutupnya. (wdi)    

Sumber               : Okezone
Sumber Gambar : Arsitektropis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita