259 Kamis, 13 Februari 2014 | 10:48:08

Kelayakan Sarana MCK Pondok Pesantren Terus Ditingkatkan

Kelayakan Sarana MCK Pondok Pesantren Terus Ditingkatkan

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Termasuk untuk kelayakan hunian, serta sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) Komunal. Menurut Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz, lingkungan Ponpes telah banyak menghasilkan generasi muda serta tokoh-tokoh yang berperan penting dalam perjalanan pembangunan bangsa Indonesia.

Berdasarkan data yang dimiliki Kemenpera, imbuhnya, saat ini jumlah Ponpes di seluruh Indonesia mencapai angka 27.000 pondok dengan jumlah santri dan santriwati 3,4 juta siswa.

Kemenpera, lanjut dia, juga terus mendorong program pembangunan sarana MCK Komunal untuk kalangan pondok pesantren dan masyarakat yang menerima bantuan bedah rumah sehingga para santri dan masyarakat yang tinggal di sekitar pondokan dapat hidup lebih sehat dan teratur.

"Kemenpera saat ini memiliki program pembangunan MCK Komunal untuk pondok pesantren dan masyarakat yang menerima bantuan bedah rumah sehingga para santri dan lingkungan sekitarnya bisa hidup lebih sehat dan teratur. Selain itu, MCK Komunal ini juga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar pondok pesantren," ujar Djan dilansir dari laman Kemenpera, Kamis (13/2/2014).

Beberapa pondok pesantren yang dikunjungi antara lain Pondok Pesantren An Nur Ngrukem, Bantul dan Pondok Pesantren Al Qur'an Wates, Kulonprogo. Tampak hadir pula pada kegiatan tersebut Siti Hediati Soeharto, Sesmenpera Rildo Ananda Anwar, Deputi Bidang Perumahan Formal Pangihutan Marpaung, serta Staf Ahli Menpera I Nyoman Shuida dan Syarif Burhanuddin

Tahun lalu, jumlah MCK Komunal yang dibangun oleh Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera yang juga menjadi bagian program Bantuan Stimulan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (BSPK) mencapai angka 1.900 unit dengan berbagai ukuran. (wdi)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita