36 Selasa, 11 Februari 2014 | 14:55:09

Operasional Green Building Lebih Murah

Operasional Green Building Lebih Murah

Pengembang harus mengubah persepsi bahwa pembangunan proyek bangunan hijau (green building) membutuhkan biaya besar. Sebab, kemahalan biaya green building akan tertutup dalam waktu 5-7 tahun. Chairman Green Building Council Indonesia (GBCI) Naning Adiwoso mengatakan, seharusnya pengembang tidak hanya memikirkan investasi saat ini. Penilaian bahwa green building mahal muncul karena pengembang hanya menghitung investasi jangka pendek.

“Padahal, jika tidak membangun green building saat ini, investasi ke depan jauh lebih mahal,” ujar Naning di Jakarta, Senin (10/2).

Managing Director Sinarmas Land Ishak Chandra berpendapat senada. Menurut dia, biaya operasional green building justru lebih murah dibanding bangunan konvensional.

“Bahkan, dalam waktu lima sampai tujuh tahun, murahnya biaya operasional itu bisa menutup biaya pembangunan green building, yang sebelumnya dinilai mahal,” ujar Ishak.

Dua item penting yang bisa ditekan oleh green building, lanjut Ishak, adalah biaya pemakaian air dan energi. Biaya operasional kedua item tersebut harus benar – benar dihitung secara seksama. Sebab, biaya operasional pemakaian air dan energi akan semakin mahal dalam jangka panjang.

“Jadi, dalam jangka panjang proyek green building lebih hemat karena biaya operasionalnya murah,” tegas Ishak.

Sumber : Investor Daily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Terkini

Selengkapnya

Referensi

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita