101 Senin, 10 Februari 2014 | 13:27:12

Menpera: Sawah Makin Habis, Rumah Vertikal Perlu Diatur!

Menpera: Sawah Makin Habis, Rumah Vertikal Perlu Diatur!

Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz menyatakan akan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) tentang rumah vertikal. Permen ini khususnya disiapkan untuk mengatur pembangunan rumah susun. Menpera mengatakan, upaya ini dilakukan untuk melindungi persawahan yang semakin terancam oleh pembangunan perumahan. Untuk itulah, pembangunan rumah diarahkan vertikal melalui rumah susun.

"Diatur agar rumah susun itu bisa dimiliki oleh masyarakat miskin. Cukup menyertakan KTP, KK, dan lainnya. Kebijakan ini dulu juga pernah dilakukan pada masa Presiden Soeharto," tutur Menpera di Depok, Sabtu (8/2/2014).

Menpera mengakui, lahan untuk perumahan saat ini semakin terbatas sehingga lahan produktif untuk pertanian pun perlahan semakin terkikis. Untuk itulah, nantinya Permen tersebut juga akan mengatur regulasi perpindahan kepemilikan rumah, selama masa cicilan berlangsung untuk menghindari adanya potensi capital gain di sektor properti.

"Sanksi tetap ada. Kalau masih terjadi perpindahan kepemilikan rumah yang belum selesai cicilannya, nanti salah satu sanksi dikenakan ke pemilik, yaitu hak kepemilikan rumah bisa dibatalkan," ujarnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita