226 Jum'at, 07 Februari 2014 | 09:30:05

BI: Harga Sewa Apartemen di Jabodetabek & Bandung Meningkat

BI: Harga Sewa Apartemen di Jabodetabek & Bandung Meningkat

Perkembangan pasokan apartemen sewa di beberapa daeah di Jabodebek dan Bandung menurut survei properti komersial yang dirilis Bank Indonesia (BI), cenderung stagnan pada triwulan IV 2013. Hal ini diakibatkan karena belum adanya penambahan pasokan apartemen baru yang dipasarkan. Tidak hanya itu, kecenderungan masyarakat yang sekarang beralih ke kondominium strata title juga disinyalir menjadi penyebabnya. Di sisi lain, akibat stabilnya pasokan sewa apartemen ini berpengaruh pada harga.

"Harga sewa apartemen untuk wilayah Jabodebek dan Bandung mengalami peningkatan sebesar 4,16 persen dan 2,58 persen. Kenaikan harga ini salah satunya akibat naiknya service charge," tulis data tersebut, Kamis (6/2/2014).

Lain halnya dengan tingkat hunian. Untuk wilayah Jabodebek tingkat hunian apartemen sewa mengalami peningkatan hingga 2,67 persen, terutama di kawasan non-CBD.

Ini merupakan akibat dari berkembangnya beberapa area perkantoran baru yang mempekerjakan para ekspatriat di kawasan TB Simatupang. Selain itu, wilayah Bandung juga mencatat kenaikan tingkat hunian sebesar 1,75 persen.

Sementara itu, untuk pasokan lahan industri di wilayah Jabodebek dan Banten juga cenderung stagnan. Menurut data survei dari Bank Indonesia (BI) dari total pasokan kumuliatif yang ada, sebanyak 68,5 persennya merupakan kawasan industri strata title, sementara sisanya merupakan kawasan industri sewa.

Meski pertumbuhan pasokan cenderung stagnan, namun hal ini tidak terpengaruh pada harga jual lahan industri di wilayah ini. Tercatat untuk wilayah Jabodebek mengalami kenaikan harga jual lahan industri sebesar 5,37 persen, sementara untuk Banten sebesar 5,99 persen. Harga sewa juga ikut meningkat, yaitu masing-masing 0,86 persen untuk Jabodebek dan 4,96 persen untuk wilayah Banten. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita