169 Selasa, 28 Januari 2014 | 11:10:27

Bapertarum Bakal Jadi Tabungan Perumahan Rakyat

Bapertarum Bakal Jadi Tabungan Perumahan Rakyat

Peluncuran akun individu (individual account) sebagai fasilitas baru untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), Senin (27/1/2014), oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) memberikan harapan cerah bagi kesiapan pemerintah menyambut hadirnya Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Lewat fasilitas baru ini, PNS bisa mengecek saldo Taperum-PNS yang selama ini sudah ditarik dari penghasilan mereka, baik melalui internet, mobile internet, dan sms.

Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum-PNS Heroe Soelistiawan mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk mengelola Tapera. Bapertarum kelak disiapkan menjadi Tapera.

"Kalau saya tidak salah, Bapertarum akan jadi cikal bakal Tapera. Saya mempersiapkan Bapertarum agar bisa mengantisipasi amanah," ujarnya.

Saat ini, Bapertarum-PNS hanya memiliki dua server yang ada di Kemenpera untuk mengantisipasi akses dari sekitar 4,2 juta PNS aktif. Heroe bersikeras, pihaknya akan secara besar-besaran mengubah sistem hingga membuat Bapertarum ibarat "bank mini". Pasalnya, tanggung jawab Bapertarum jika dipercaya mengelola Tapera akan lebih besar.

"Tapera atau sistem tabungan yang baru akan menarik sejumlah uang dari penghasilan PNS berdasarkan persentase. Sistem ini lebih rumit," kata Heroe.

Sementara itu, peresmian layanan baru ini dilakukan oleh Sesmen Kementerian Perumahan Rakyat Rildo Anwar yang mewakilkan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz selaku Ketua Harian Bapertarum-PNS. Dalam sambutannya, Rildo sempat mengungkapkan bahwa pemotongan penghasilan PNS untuk Taperum-PNS jumlahnya tidak signifikan. Berbeda halnya jika pemotongan berjumlah 2,5 persen dari penghasilan. Rildo mencontohkan, dia bekerja selama 28 tahun sebagai pegawai negeri dan kini baru mengumpulkan sekitar Rp 2 jutaan.

Sebagai catatan, Taperum-PNS didapat dari iuran PNS dengan jumlah Rp3.000 setiap bulan untuk PNS Golongan I, Rp5.000 PNS Golongan II, Rp7.000 PNS Golongan III, dan Rp10.000 untuk PNS Golongan IV.

Persiapan Tapera
Fasilitas baru yang disediakan oleh Bapertarum-PNS ini sebenarnya masih belum dikembangkan dengan sempurna. Menurut Heroe, Bapertarum akan menjadi cikal bakal Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di masa mendatang.

"Nantinya, tentu perlu ada persiapan yang lebih matang untuk menjawab kebutuhan bagi seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya pegawai negeri," ujar Heroe.

Menurut dia, jumlah PNS yang aktif memanfaatkan Bapertarum-PNS mencapai 4,2 juta orang. Tanpa sistem baru tersebut, informasi bagi para pegawai negeri tersebut seringkali terlambat.

"PNS ini kan jutaan, instansinya juga banyak. Sekarang yang aktif 4.200.000 sekian orang. Jadi, bisa dibayangkan, yang di daerah itu jadi sering terlambat. Kadang-kadang, informasi telat dua bulan atau tiga bulan. Ada orang sudah naik pangkat, naik golongan, kita tidak tahu. Ini harus di-update segera," kata Heroe.

"Harus aware terhadap datanya, apalagi kalau nanti bicara tentang Tapera. Tapera itu duitnya kan 2,5 persen. Di dalam konteks individual kita seperti ini, kita tampilkan transparan uangnya, datanya," tambahnya.

Menurut Heroe, Bapertarum-PNS akan mengemban tanggung jawab lebih besar ketika menghadapi Tapera. Untuk itu, ia ingin membuat Bapertarum di-upgrade seperti bank.

"Tapi kontennya lebih sederhana. Saya mau bawa konsep perbankan, ada modul saving, loan, MIS, GL, tapi tidak perlu ada treasuring. Nanti, Tapera atau tabungan yang baru akan diambil secara persentase dari gaji. Sistemnya lebih complicated dansedang kami persiapkan," tandas Heroe.

Sementara itu, Sesmen Kemenpera Rildo Anwar yang mewakilkan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz selaku Ketua Harian Bapertarum-PNS mengaku bahwa selama ini PNS tidak tahu sudah berapa banyak penghasilannya terpotong. Karena itu, langkah Bapertarum-PNS perlu diapresiasi.

"Dulu, sebagai pegawai negeri dipotong tidak tahu berapa tabungannya. Seluruh PNS tidak pernah tahu jumlah yang sudah dipotong secara otomatis di Bapertarum. Hari ini satu tonggak sejarah perlu diapresiasi dari Bapertarum," ujar Rildo.

Akses layanan
Bagi para PNS, sebetulnya tidak sulit untuk membuka akun invidu Anda. Simak caranya berikut ini:

- Melalui SMS: ketik SLD spasi NIP spasi PASSWORD (password atau kata kunci adalah dua angka golongan awal masuk menjadi PNS dan ditambahkan dua angka nol). Contoh: SLD 1961110420070110011100 2100.

- Melalui internet di komputer atau telepon genggam: PNS dapat mengakses www.bapertarum-pns.co.id, kemudian masuk ke menu "beranda". Selanjutnya, pilih menu "akun individu", lalu "login" dengan mengetik NIP, kata kunci (kata kunci adalah dua angka golongan awal masuk menjadi PNS dan ditambahkan dua angka nol).

Editor    : Latief
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita