165 Rabu, 22 Januari 2014 | 12:47:03

Kemenpera Hanya Mampu Bangun 490 Asrama Ponpes

Kemenpera Hanya Mampu Bangun 490 Asrama Ponpes

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyelesaikan 490 asrama pondok pesantren (ponpes) di seluruh Indonesia pada tahun 2013. Dari sekitar 27 ribu Ponpes yang ada, belum semuanya tersentuh program pemerintah dari Kemenpera.

"Saya harap tahun ini jumlah bantuannya bisa lebih ditingkatkan sehingga bantuan dari Kemenpera bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” kata Menpera Djan Faridz seperti dilansir dari laman Kemenpera, Rabu (22/1/2014).

Kemenpera juga memberikan bantuan 99 MCK Komunal dan 17 Rusunawa  di Pondok Pesantern se-Tapal kuda di Jawa Timur. Kemenpera juga memberikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 700 unit rumah kepada warga Jember di tahun 2013.

Mereka yang mendapatkannya merupakan warga yang berpenghasilan kurang dari nilai upah minimum kabupaten (UMK) setempat yang tersebar di 15 desa di delapan kecamatan yakni Kecamatan Tempurejo, Ajung, Sukowono, Sumberjambe, Gumukmas, Puger, Sumberbaru dan Sukorambi di Jember.

Lebih lanjut, Djan menjelaskan, pemerintah pusat melalui Kemenpera sangat memperhatikan warga miskin di bidang perumahan. Pada saat awal dirinya menjabat sebagai Menpera, pemerintah hanya membantu sekitar 25 ribu rumah warga miskin untuk dibedah. Namun saat ini jumlahnya ditingkatkan menjadi 250.000 unit rumah per tahun sehingga lebih banyak masyarakat yang menerima bantuan tersebut.

Terkait dengan bantuan BSPS, Menpera menerangkan besarnya bantuannya berupa uang yang disalurkan ke rekening penerima bantuan berkisar Rp7,5 juta hingga Rp15 juta per rumah, tergantung kondisi ketidaklayakan rumah yang akan dibedah.

Sedangkan masyarakat yang memperoleh bantuan tersebut, berdasarkan hasil survei. Mereka merupakan masyarakat berpenghasilan di bawah UMK, memiliki tanah sendiri, harus sudah berkeluarga, dan sanggup membangun sendiri rumahnya. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita