224 Selasa, 21 Januari 2014 | 10:08:57

Mau Beli Rumah? Survei Lingkungan Dulu...

Mau Beli Rumah? Survei Lingkungan Dulu...

Setiap konsumen diminta lebih selektif saat hendak membeli rumah di perumahan. Tak hanya teliti soal surat - surat legalitas, tetapi juga harus melakukan survei lingkungan agar tidak terjebak dengan iklan bebas banjir. Lebih dari lima perumahan di Depok menjadi langganan banjir tiap kali hujan deras. Sebut saja Perumahan Bukit Cengkeh, Taman Duta, Tirta Mandala, Cening Ampe, Graha Studio Alam, serta baru - baru ini akibat jebolnya tanggul Kali Laya, perumahan Cimanggis Country juga terendam. Belum lagi perumahan yang dilanda longsor beberapa kali seperti Mutiara Depok ataupun Jatijajar.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan penyebab banjir adalah dua hal, yakni curah hujan berlebihan serta kawasan yang tak diimbangi kapasitas resapan.

"Tidak cukup menahan limpasan air atau run off. Ini kan disalurkan dari drainase, parit, sungai kecil, sungai besar. Tak cukupnya saluran - saluran dari parit yang bisa mengalirkan air limpasan sampai ke muara dan hilir dengan lancar, ini menyebabkan banjir, salah satunya di Depok memang banyak terjadi di perumahan," ungkapnya di Balai Kota Depok, Senin (20/01/2014).

Nur Mahmudi menambahkan, penyebabnya banyak perumahan yang posisinya dekat dengan sungai atau bahkan berada lebih rendah dari sungai. Sempitnya sungai karena bangunan liar serta sedimen, ikut memperparah terjadinya banjir.

"Ada beberapa sungai posisi di atas perumahan, harusnya caranya dengan menguatkan tanggul. Bicara sungai, Bukit Cengkeh, Taman Duta, Cimanggis Country," tegasnya. (rhs)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita