177 Senin, 20 Januari 2014 | 11:17:47

Saat Banjir, Pusat Belanja Jadi Tempat Perlindungan Sementara

Saat Banjir, Pusat Belanja Jadi Tempat Perlindungan Sementara

Kendati kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, belum terbebas dari banjir, namun tak menyurutkan pengunjung untuk mendatangi Mal Kelapa Gading yang dikembangkan PT Summarecon Agung Tbk. Menurut Corporate Public Relation PT Summarecon Agung Tbk, Cut Meutia, warga lebih memilih berkunjung ke Mal Kelapa Gading untuk menghabiskan waktu sambil makan, minum, nonton film atau sekadar mengisi ulang baterai HP dan bersosialisasi.

"Sambil menunggu banjir surut, mereka memanfaatkan waktu untuk berbelanja dan kegiatan lainnya. Jumlah mereka terhitung banyak, namun bila dibandingkan dengan kunjungan pada waktu normal, ada penurunan. Pengunjung dari luar Kelapa Gading tidak bisa mengakses mal ini karena aksesnya terkendala banjir," ujar Meutia.

Para pengunjung yang datang ke Mal Kelapa Gading, kata Meutia, sebagian besar merupakan warga Kelapa Gading yang tinggal di perumahan, apartemen atau pun tamu yang kebetulan tengah menginap di hotel sekitar Kelapa Gading.

Adapun jam operasional Mal Kelapa Gading mulai pukul 10.00 WIB pagi hingga 22.00 WIB malam. Jam operasional lebih lama yakni 24 jam, berlaku untuk gedung parkir yang disiagakan  buat warga yang ingin menitipkan mobilnya.

Fenomena pusat belanja dijadikan sebagai shelter selama banjir bukan kali ini saja terjadi. Bahkan cenderung terus berulang selama bertahun-tahun.

Wholesale Trade Center (WTC) Mangga Dua, di Jakarta Utara, juga mengalami lonjakan jumlah pengunjung saat musim banjir seperti sekarang. Hanya, profil pengunjung WTC Mangga Dua berbeda dengan pengunjung Mal Kelapa Gading.

Pusat perdagangan yang dikonversi menjadi bursa mobil milik Djarum Group melalui PT Marga Sadhya Swasti ini tercatat, pernah menjadi tempat penampungan pengungsi banjir dari Pademangan dan sekitarnya pada kurun 2005-2006.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita