118 Kamis, 09 Januari 2014 | 16:53:31

Stadion Lebak Bulus Dibongkar Melalui Lelang

Stadion Lebak Bulus Dibongkar Melalui Lelang

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pembongkaran Stadion Lebak Bulus akan dilakukan dengan menggunakan sistem lelang.

"Pembongkaran ini memang masih kita bicarakan. Stadion itu kan memang mau kita tenderkan, jadi termasuk pembongkarannya pun akan kita lakukan dengan lelang," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Terkait rencana pembongkaran Stadion Lebak Bulus, pria yang akrab disapa Ahok itu optimis akan mendapatkan izin dan rekomendasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Lagi pula, Kemenpora sudah berbicara dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan setuju mengenai pembongkaran itu. Selain itu, kita juga akan bangun stadion penggantinya kok. Pasti setuju lah," ujar Ahok.

Pembongkaran Stadion Lebak Bulus merupakan kompensasi dari pembangunan depo Mass Rapid Transit (MRT) untuk rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Bukan hanya stadion, Terminal Lebak Bulus pun ditutup demi kelancaran pembangunan sarana transportasi massal tersebut.

"Stadion dan terminal Lebak Bulus ini penting karena akan kita pakai untuk melakukan uji coba maju dan mundurnya gerbong-gerbong MRT ketika tiba di Jakarta. Ini kan butuh lahan yang luas, dan pembangunannya pun dimulai di Lebak Bulus," tutur Ahok.

Akan tetapi, dia mengungkapkan, lain halnya jika pembangunan MRT dimulai dari Kampung Bandan, maka tidak perlu dilakukan pembongkaran terhadap terminal dan stadion tersebut.

"Kalau dimulai di Kampung Bandan, kita tinggal pinjam lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ada disana untuk uji coba MRT. Ini kan karena kita mulai dari Lebak Bulus, makanya harus pakai lahan yang ada di Lebak Bulus juga," ungkap Ahok.

Terdapat tiga pekerjaan yang akan dilakukan di area Lebak Bulus, antara lain pembangunan Depo MRT Lebak Bulus, stasiun layang MRT Lebak Bulus dan pembangunan viaduct atau struktur jembatan layang.

Lokasi tiga pekerjaan itu berada di jalan Pasar Jumat, area Stadion Lebak Bulus dan Terminal Lebak Bulus. [Ant/L-8]

Sumber : Suara Pembaruan

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita