116 Kamis, 09 Januari 2014 | 16:49:13

Saluran Tersumbat Tanah, SDN Duren Sawit Kembali Terendam

Saluran Tersumbat Tanah, SDN Duren Sawit Kembali Terendam

Belum rampungnya perbaikan saluran membuat Jalan Rawa Domba, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur kembali direndam banjir saat hujan mengguyur Ibukota, Rabu (8/1). Banjir dengan ketinggian mencapai sekitar 60 sentimeter juga menggenangi halaman SDN 07 dan SDN 08 Duren Sawit yang berada tak jauh dari Jalan Rawa Domba.

Untuk dapat pulang ke rumah mereka, ratusan murid kedua sekolah itu terpaksa menerjang banjir. Tak hanya itu, sejumlah sepeda motor yang nekad menerobos jalanan yang tergenang banjir akhirnya mogok lantaran mesinnya terendam air.

Kepala SDN 07 Duren Sawit, Endah Astuti, mengatakan, kendati digenangi banjir, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolahnya tetap berjalan seperti biasa.

Hal itu lantaran banjir mulai menggenangi sekolah saat jam belajar sedang berlangsung. Dikatakan Endah, banjir ini disebabkan perbaikan saluran di Jalan Rawa Domb belum juga rampung. Akibatnya, air hujan yang turun tidak dapat mengalir dengan baik.

"KBM tetap berjalan seperti biasa. Hanya kasihan murid-murid pulangnya jadi kuyup. Kemungkinan genangan masih akan berlangsung hingga Kamis besok. Karena saluran air yang diperbaiki kan belum kelar dan genangan lama surut," kata Endah.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum (SDPU) Tata Air Jakarta Timur, Jati Waluyo mengakui masih terjadinya genangan di Jalan Rawa Domba. Dijelaskan, genangan tersebut terjadi lantaran adanya bagian saluran yang tersumbat gumpalan tanah.

Akibatnya, saluran tidak dapat berfungsi optimal.

"Proses pengerjaan salurannya sebenarnya sudah selesai, tapi beberapa waktu lalu ada pompa air yang pecah, dan membuat tanah urukan masuk ke tengah-tengah saluran yang berdiameter 1,4 meter itu," kata Jati, Rabu (8/1).

Jati menyatakan, pihaknya berupaya mengeluarkan tanah yang menggumpal itu secara manual. Meski tidak dapat memastikan, Jati mengharapkan pengerjaan dapat rampung dalam waktu lima atau enam hari lagi.

"Kalau pakai alat berat dikhawatirkan pengerjaannya akan lebih lama lagi," ungkapnya.

Banjir di Jalan Rawa Domba ini sudah berulang kali terjadi sejak awal Desember lalu. Selain Jalan Rawa Domba, banjir juga menggenangi Jalan Cimerak Selatan, Jalan Inspeksi Saluran, dan Jalan Kavling Agraria setinggi sekitar 50 cm.

Sebanyak 17 rumah yang berada di kawasan itu ikut terendam banjir. Selain di kawasan Duren Sawit, hujan yang mengguyur wilayah Jakarta Timur juga menyebabkan genangan di sejumlah titik, seperti di Jalan Pramuka Raya, Jalan Utan Kayu Raya, Jalan DI Panjaitan, Jalan Basuki Rahmat dan sejumlah ruas jalan lainnya.

Di titik-titik tersebut, rata-rata genangan memiliki ketinggian sekitar 20 - 50 sentimeter. [F-5]

Sumber : Suara Pembaruan

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita