188 Kamis, 09 Januari 2014 | 15:58:48

Besok Bandara Halim akan Mulai Beroperasi...

Besok Bandara Halim akan Mulai Beroperasi...

Bandara Halim Perdanakusumah akan mulai beroperasi 10 Januari pada Jumat (10/1) besok. Pengoperasian bandara di Jakarta Timur ini diperkirakan akan menimbulkan kemacetan lalu lintas di kawasan padat ini. Jalan akses menuju Bandara Halim tidak terlalu besar. Jalan yang menghubungkan bandara ke Cawang ini terbagi menjadi dua jalur. Tiap jalurnya hanya bisa dilewati dua mobil. Jalan akses yang sempit ini akan berjubel bila banyak penumpang pesawat berdatangan ke bandara ini.

Bagian luar jalan akses masuk ke bandara yang satu kompleks dengan pangkalan TNI AU ini juga merupakan ruas jalan yang sangat sibuk di Jakarta Timur. Tiap harinya mobil-mobil pribadi yang keluar dari tol dalam kota banyak yang melintas di depan jalan akses ke bandara ini.

Masalah lainnya adalah lahan parkir di Bandara Halim juga terbatas. Lahan parkir di kawasan ini tidak seluas di Bandara Soekarno-Hatta. Bisa dibayangkan kepadatan bila banyak penumpang pesawat hilir mudik.

Kurangnya angkutan umum juga menjadikan bandara ini rawan kemacetan. Jarangnya angkutan akan menyebabkan pengguna pesawat memilih menggunakan kendaraan pribadi yang ujung-ujungnya membuat bandara ini bertambah macet. Bandingkan dengan bandara Soekarno-Hatta yang menawarkan angkutan umum berupa bus Damri ber-AC.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono telah meminta agar Angkasa Pura melakukan kajian kepadatan lalu lintas di bandara ini. Kajian tersebut meliputi bagian persimpangan mana saja yang akan diperbaiki, pelebaran jalan dan lahan yang akan digunakan untuk parkir.

"Traffic management-nya harus jelas. Harus disiapkan shuttle bus juga jadi tidak melulu mengandalkan kendaraan pribadi," kata Pristono di kantor Ditlantas Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jaksel, Kamis (9/1/2014).

Maskapai komersil yang siap beroperasi di Halim pada Jumat besok adalah Citilink, anak usaha Garuda Indonesia. Ada empat penerbangan yang lewat Halim yaitu menuju Yogya, Semarang, Malang dan Palembang. Pemindahan rute penerbangan ke Halim ini sebagai alternatif padatnya penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita