90 Rabu, 08 Januari 2014 | 10:17:05

Pesta Demokrasi Bakal 'Goyang' Pasar properti 2014

Pesta Demokrasi Bakal 'Goyang' Pasar properti 2014

Pasar properti Indonesia masih akan dibayangi beberapa permasalahan tahun ini. selain harga material yang terus merangkak naik, pesta demokrasi yang dalam beberapa bulan lagi akan dimulai turut menjadi faktor yang berpengaruh.

"Pemilihan umum atau pemilu di tahun 2014 ini membuat terjadinya perlambatan bagi sektor properti," kata Associate Director Colliers Indonesia Ferry Salanto, dalam Market Review di Kantor Colliers, Selasa (7/1/2014).

"Saat pemilu akan banyak investor yang melakukan pembelian. Karena menurut Ferry harga properti saat pemilu lebih kompetitif," imbuhnya.

Sementara itu, ketika pesat demokrasi berakhir, pengembang dipastikan kembali seperti sedia kala. "Pengembang baru akan jor-joran membangun setelah pemilu dan yakin situasi ekonomi membaik," ujarnya lagi.

Pasar properti Indonesia juga akan mengalami short term market. Dalam hal ini, banyak developer yang melakukan penundaan terhadap proyeknya.

"Terutama bagi developer yang banyak menggunakan material impor karena harga material impor yang naik," jelasnya.

Melambatnya persediaan ruang kantor yang memiliki tarif dolar juga menjadi masalah yang patut dicermati. Pengembang akan semakin berhati-hati. Rata-rata investor lebih menyukai sewa kantor yang bertarif rupiah. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita