125 Selasa, 07 Januari 2014 | 15:24:17

Gedung FISIP UI Terbakar

Gedung FISIP UI Terbakar

Gedung C Fisip Universitas Indonesia hangus dilalap api. Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 06.30 WIB, Selasa (7/1/2014). Dekan Fisip UI Arie Soesilo mengatakan api berasal dari pendingin ruangan di gedung tersebut. Hanya dalam waktu satu jam, si jago merah melalap hingga lantai ketiga gedung tersebut.

Usup (30), petugas FISIP UI yang menjadi saksi mata kejadian tersebut, mengaku melihat api sudah menjalar dari lantai dasar Gedung C sekitar pukul 06.30.

"Api kelihatan di ruang arsip, sampai kaca-kacanya pecah. Saya dengar ada suara pecahan, seperti kaca," ujar Usup saat ditemui di lokasi kejadian.

Usup mengaku, saat kejadian, baru ada satpam dan petugas yang hadir. Di dalam Gedung C, kata Usup, hanya ada seorang petugas bernama Thohir yang pertama kali berteriak ada api saat membersihkan AC di ruang arsip.

"Saya dengar teriakan dan api sudah besar. Dia sudah langsung keluar," katanya.

Petugas dan satpam berusaha memadamkan api, tetapi api sudah telanjur membesar. Pemadam kebakaran baru hadir setelah sejam kemudian. Namun, kedatangan pemadam kebakaran, diakui Usup, terlambat karena api sudah merambat ke seluruh lantai gedung tersebut.

Menurut Usup, gedung ini adalah gedung yang diperuntukkan untuk ruang arsip, ruang rapat, ruang audiovisual, laboratorium jender, dan kantor Departemen Sosiologi.

Api akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 09.00 WIB. Untuk memadamkan kebakaran tersebut, tujuh unit mobil Pemadam Kebakaran dari Depok dan Jakarta Selatan dikirim ke lokasi kebakaran. Belasan petugasa pemadam kebakaran, akhirnya bisa memadamkan kebakaran tersebut.

Namun setelah api padam, gedung tiga lantai itu sudah hangus terbakar. Semua kusen kayu, atap genteng dan komponen bangunan lainnya sudah hangus terbakar. Yang tersisa dari gedung itu hanyalah tembok-temboknya saja.

"Karena disitu banyak kertas dan surat menyurat, sehingga apinya menyebar dengan cepat," kata Arie di lokasi kejadian.

Arie mengatakan api berasal dari lantai III gedung tersebut. Dimana terdapat koleksi buku dari sosiolog DR Irwan Daryono Sudjatmiko. Koleksi buku berjumlah 3000 buah.

"Itu buku sangat berharga, beli dikumpulkan saat di Harvard sebagai bagian dari Departemen Sosiologi," kata Arie.

Arie mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi penanganan dengan pihak terkait. Apalagi UI dijadwalkan akan memasukkan nilai mahasiswa pada esok hari.

"Untung, sistemnya sdh computerize lewat SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik-New Generation). Sistem informasi akademik, New Generation jadi tidak akan terpengaruh, upload nilai bisa dilakukan dosen dari sistem online," tuturnya.

Ia berharap berkas-berkas yang terbakar sudah tersimpan di komputer sehingga tetap aman. "Berkas-berkas hardcopy itu yang terbakar memang tidak bisa diapakan lagi. Semoga kita punya back up dalam hal komputer," tuturnya.

Sumber : Yahoo News

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita