92 Selasa, 24 Desember 2013 | 10:48:03

Hotel 1.000Kamar Bakal Dibangun di Lembah Anai Sumatera Barat

Hotel 1.000Kamar Bakal Dibangun di Lembah Anai Sumatera Barat

Riyadh Group akan menggarap properti Anai Golf & Mountain Resort yang berlokasi di Lembah Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk tahap pertama, pengembangan proyek tersebut akan menyedot investasi sekitar Rp 1,5 triliun yang akan digarap selama lima tahun.

"Industri pariwisata di Sumatera Barat semakin membaik seiring pertumbuhan ekonomi nasional. Lokasi wisata di Lembah Anai ini juga akan menjadi destinasi utama pariwisata di Sumatera Barat," papar Presiden Direktur Riyadh Group, Bally Saputra, dalam keterangan tertulis, Selasa (24/12/2013).

Rencananya, proyek ini akan dilengkapi hotel berkapasitas 1.000 kamar serta convention hall yang mampu menampung 5.000 orang.

"Nantinya kapasitas tampung hotel-hotel di sekitar Lembah Anai juga akan ikut kecipratan untuk menampung limpahan arus pengunjung," papar Bally.

Bally optimistis bahwa industri pariwisata (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition/MICE) atau wisata konvensi di Sumatera Barat bakal moncer di masa mendatang.

"Saat ini Sumatera Barat sudah masuk 10 besar lokasi tujuan utama industri wisata konvensi. Dengan pertumbuhan industri wisata MICE sebesar 20% di tanah air, saya yakin potensi wisata konvensi di Sumatera Barat akan tumbuh pesat," ujarnya.

Luas area pariwisata terpadu ini mencapai 400 hektar, terletak di kaki Gunung Tandikat pada ketinggian 600 hingga 700 m di atas permukaan laut.

Sementara itu, Founder PT Andalas Anaipermai International, Siswono Yudo Husodo menyatakan, Sumatera Barat sangat layak untuk menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional kedua setelah Pulau Bali

"Saat ini trafik kunjungan wisatawan di dunia luar biasa besar. Sumatera Barat memiliki sumber daya yang memadai sebagai lokasi tujuan pariwisata setelah Bali. Karakteristik arsitektur, seni, serta kuliner yang ada di Sumatera Barat punya keunggulan yang bisa menyedot wisatawan asing," tutur Siswono.

Menurut Siswono, Lembah Anai sebagai destinasi utama pariwisata di Sumatera Barat juga sudah didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Saya sudah bertemu Gubernur Sumatera Barat, dan beliau mengapresiasi gagasan menyulap Lembah Anai sebagai lokasi wisata yang menawan," kata dia.

Saat ini, Anai Golf & Mountain Resort dilengkapi dengan lapangan golf 18 holes sepanjang 6.270 meter dan Par 73 Design by Thomson, Wolveride & Perrett Australia. Juga Club House yang dilengkapi restoran camping ground, fasilitas outbound, serta hutan arboretum seluas 40 hektare yang sudah dilengkapi beragam jenis tanaman tropis.

Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita