182 Kamis, 12 Desember 2013 | 16:13:57

Rumah Instan Sederhana Dibanderol Rp50 Juta per Unit

Rumah Instan Sederhana Dibanderol Rp50 Juta per Unit

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sedang mengembangkan rumah murah. Jenis rumah itu adalah Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan Rumah Kayu Instan (RIKA), keduanya dapat dibangun hanya dalam waktu tujuh hari.

"Untuk tipe 36, kami kembangkan dengan harga sebesar Rp50 juta, dengan target bagi masyarakat berpenghasilan rendah, “Di Sumut, rumah contoh tersebut ada di kawasan Perumahan Martubung sebanyak 10 unit, 5 unit RIKA dan 5 unit RISHA," ungkap Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puskim) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Anita Firmanti seperti dikutip dari situs resmi Kemen PU, Kamis (12/12/2013).

Ditargetkan pada 2014 mendatang kedua jenis rumah ini akan dibangun di seluruh kota di Indonesia. Hingga saat ini, terdapat 67 perusahaan aplikator yang mengembangkan kedua rumah jenis tersebut.

Asisten Deputi Kerja sama Pembiayaan dan Investasi Kementerian Perumahan Rakyat, Rifaid M Nur menargetkan akan membangun 250.000 rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah pada 2014.

"Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2013, yakni sebanyak 121 ribu unit," katanya.

Rifaid mengatakan, program rumah murah masyarakat berpenghasilan rendah diharapkan mampu membeli tempat tinggal dengan cicilan dan uang muka lebih ringan.

Namun, Anita mengungkapkan dukungan perbankan pembangunan teknologi rumah masih belum mudah. Sulit meyakinkan bank untuk bekerja sama memberikan pinjaman untuk rumah ini.

"Kami berusaha buktikan kepada pihak bank kalau inovasi dan teknologi yang kami aplikasikan terbukti membuat rumah tahan gempa dan mampu bertahan hingga 20 tahun," ujar Anita.

Kepala Pusat Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Subiyanto menuturkan meski demikian terdapat ada satu bank nasional yang mencoba mendekati pihaknya.

 "Pihak bank nasional itu bersedia memberikan kucuran kredit bagi pembangunan perumahan yang menggunakan teknologi kami, dengan catatan itu meminta semacam jaminan keberlanjutan teknologi dan inovasi rumah murah itu dari LIPI,” jelasnya.

Konsep RIKA dan RISHA yang dibangun oleh Puskim selain dengan inovasi teknologi material murah juga turut mengenalkan teknologi sanitasi bagi rumah yang memiliki luas tanah terbatas, yaitu bio kontraktor (menggunakan tangki FRP).

"Karena itu, kita memperkenalkannya bukan dari bangunan rumahnya saja, tapi juga sanitasinya, kita ingin meningkatkan pembangunan rumah yang sehat," ujarnya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita