114 Selasa, 10 Desember 2013 | 10:48:52

Ini Cara Jitu Melawan Spekulan Properti!

Ini Cara Jitu Melawan Spekulan Properti!

Kebijakan Loan to Value (LTV) menurut Aidil Akbar Madjid tidak efektif menghilangkan spekulan properti di Indonesia. Hal itu justru berdampak negatif terhadap para pembeli rumah pertama. Perencana keuangan independen itu mempunyai tips jitu bagi pemerintah agar spekulan tidak berkutik lagi.

“Cara pemerintah untuk menahan pergerakan spekulan itu (seharusnya) bukan seperti ini. Kalau ini berarti dia (pemerintah) menghambat first time buyer, spekulannya tidak tersentuh,” kata Aidil.

Menurut Aidil, spekulan sudah membuat harga tanah di Bintaro tidak sesuai dengan harga kewajaran. Menurutnya, harga tanah yang wajar di Bintaro adalah di kisaran Rp4 juta per meter persegi. Sementara harga faktual saat ini mencapai Rp15 juta per meter persegi.

Cara yang dianggap jitu oleh Aidil adalah penetapan harga referensi tanah dan bangunan.

“Pemerintah tidak bisa melarang orang yang ingin berinvestasi, tapi keluarkan harga referensi, itu yang paling benar. Dilihat dari areanya, seberapa jauh dari pusat kota, berapa cost-nya,” tutur dia.

Dicontohkannya, referensi harga yang cocok untuk daerah Kebayoran adalah di kisaran Rp20 juta sampai Rp30 juta.

“Mekanisme pasar itu seperti saham, tidak ada batasannya. Tetapi kalau harga referensi itu tidak termasuk dalam pembatasan. Itu dipakai sebagai acuan,” terang dia.

Im Suryani
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita