215 Selasa, 10 Desember 2013 | 09:33:47

Pemkot Depok Jamin Izin Properti Bebas Pungli

Pemkot Depok Jamin Izin Properti Bebas Pungli

Pemerintah Depok berjanji memberikan kemudahan kepada pengusaha atau investor properti dalam mengurus perizinan asalkan sesuai prosedur. Sebab banyak pengusaha selama ini mengeluhkan proses birokrasi perizinan yang berbelit-belit. Sehingga, tidak sedikit warga atau pengusaha yang hendak mengurus perizinan menggunakan pihak ketiga hingga calo. Celah-celah pungutan liar (pungli) pun rawan terjadi.

Di Hari Anti Korupsi, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail dan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Depok Sri Utomo memasang banner anti korupsi dan anti gratifikasi di ruang permohonan perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Nur Mahmudi menjamin jika sudah sesuai prosedur dan persyaratan perizinan telah lengkap dipenuhi, tentu proses tak akan dipersulit.

"Bagi setiap pengembang perumahan, kami tak semena-mena asalkan sesuai peraturan berlaku, Sesuai SOP. Kami gunakan prinsip bahwa tak akan menghambat tetapi tak juga memudahkan, mudah itu bukan berarti melanggar aturan, harus sesuai aturan lihat prosedur dulu," tegasnya di Balaikota Depok, Senin (9/12/2013).

Dia menambahkan, setiap pengembang juga harus memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) serta access planing saat mendirikan perumahan. Misalnya, dengan mempertimbangkan Koefisien Luas Bangunan (KLB), lalu Koefisien Dasar Bangunan (KDB), serta izin lingkungan.

"Banyak yang mengeluh kok perizinan lama, padahal surat - surat persyaratannya enggak lengkap. Pelayanan publik menjadi fokus kami untuk bebas pungli," tegasnya.

Untuk membuat IMB, waktu ideal yakni selama 21 hari, Izin Pemanfaatan Ruang (IPR) 14 hari, dan siteplan atau tata letak selama 14 hari. Kini bahkan masyarakat bisa mengeluh segala hal masalah perizinan yang terlalu lama melalui akses ke Pemerintah Kota Depok dengan melalui SMS gateway di nomor 08119593477 dengan mengetik 'CEK#nomor pendaftaran'. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita