108 Jum'at, 06 Desember 2013 | 10:17:37

Kereta Ekspres, Bandara Soekarno Hatta-Halim Hanya 35 Menit

Kereta Ekspres, Bandara Soekarno Hatta-Halim Hanya 35 Menit

Rencana proyek kereta cepat atau ekspres Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Internasional Soekarno Hatta bakal mempersingkat waktu tempuh kedua bandara tersebut. Kereta ini dirancang memiliki kecepatan 135 Km per jam sehingga waktu tempuh Soekarno Hatta-Halim dan sebaliknya hanya butuh 35 menit.

Hal ini disampaikan Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Frans Nembo Sukardi di acara IIIEC 2013 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2013).

"Dengan line-nya waktu tempuh dari Halim sampai Soetta (Soekarno Hatta) sekitar 35 menit. Kecepatan 135 km per hour. Semua elevated (layang) dari Halim ke Soetta. Kapasitas 54 penumpang per car (unit kereta)," jelasnya.

SMI merupakan perusahaan yang bertindak sebagai pelaksana studi kelayakan hingga menawarkan proyek triliunan rupiah ini ke investor dengan skema Public Private Partnership (PPP). Hasil studi telah disampaikan ke Kementerian Perhubungan sebagai regulator.

"Awalnya line ditentukan dari Manggarai-Soetta. Kemudian akhirnya ditentukan yang paling efektif adalah disambung ke Halim. Kita lihat stasiun manggarai sudah crowded untuk berbagai moda macam kereta api. Ada commuter, loopline. Di sana berkumpul. Akhirnya kami usulkan ditambah line sampai Halim," jelasnya.

Nantinya kereta cepat ini akan dibangun berbasis konstruksi layang dari Bandara Halim Perdanakusuma-Manggarai-Tanah Abang-Dukuh Atas-Pluit-Bandara Soekarno Hatta. Kereta cepat ini bakal difokuskan untuk melayani penumpang yang dari atau menuju kedua bandara.

"Waktu masing-masing ke stasiun 7 menit. Totalnya 35 menit Halim ke Soetta," terangnya.

Bagi Anda yang ingin merasakannya, tentunya harus banyak bersabar. Proses tender proyek yang awalnya dilakukan akhir tahun ini harus diundur hingga tahun depan karena masalah perizinan dan lainnya. (feb/hen)

Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita