271 Senin, 02 Desember 2013 | 10:31:25

1.200 Rumah Khusus Jatigede Dibangun Tahun Depan

1.200 Rumah Khusus Jatigede Dibangun Tahun Depan

Dalam rangka mendukung program strategis nasional pembangunan Waduk Jatigede, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membangun 697 unit rumah khusus di lokasi Sakurjaya dan Conggeang Kulon, Kabupaten Sumedang dengan anggaran APBN sebesar Rp55 miliar. Sementara tahun depan, Kemenpera telah menganggarkan untuk penyelesaian jumlah rumah yang akan dibangun untuk relokasi akibat dampak sosial waduk Jatigede tersebut sekitar 1.200 unit.

"Namun bisa atau tidaknya dibangun rumah pada tahun 2014 sangat tergantung pada ketersediaan lahan yang clean and clear," ungkap kata Asdep Perencanaan Perumahan Formal Kemenpera Muhammad Dimyati dilansir dari laman Kemenpera, Minggu (1/12/2013).

Jumlah tersebut merupakan bagian dari yang harus diselesaikan untuk direlokasi sebanyak 4.065 KK yang terkena genangan Waduk Jatigede, menurut Permendagri 15/1975.

"Pembangunan perumahan tersebut merupakan bentuk sinergitas antarinstansi Pusat dan Daerah," kata dia.

Rumah khusus yang dibangun dengan harga sekitar Rp45 juta per unit rumah, dengan tipe 36 meter persegi di atas luas lahan 100 meter persegi, telah selesai sekitar 60 persen bangunannya. Bangunan tersebut diharapkan selesai akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan.

Setiap warga yang direlokasi ke lokasi tersebut nantinya akan memperoleh rumah tipe 36 meter persegi, dengan pekarangan 100 meter persegi, serta lahan usaha 300 meter persegi.

Warga yang akan menghuni rumah yang dibangun Kemenpera tersebut, nantinya akan ditetapkan oleh SAMSAT Provinsi Jawa Barat. Dan sampai saat ini penetapan nomor urut penghuni dari rumah yang sedang dibangun Kemenpera tersebut sedang terus dimatangkan. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita