116 Rabu, 20 November 2013 | 17:07:45

Aturan KPR Inden, Pengembang Bisa Collapse

Aturan KPR Inden, Pengembang Bisa Collapse

Aturan Bank Indonesia (BI) mengenai KPR Inden memang mengandung kontroversi. Disatu sisi pengembang mengeluh karena mereka menilai aturan ini terlalu berlebihan, disisi lain, konsumen juga akan diuntungkan oleh aturan ini.

"Aturan mengenai KPR Inden ini akan melindungi konsumen dari pengembang nakal. Karena mereka tidak akan bisa kabur jika rumah belum selesai," kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda,  Selasa (19/11/2013).

Aturan itu secara umum akan membuat persaingan di pasar perumahan lebih sehat. Karena menurutnya, banyak pengembang nakal yang mengandalkan dana dari perbankan.

Sementara itu, untuk dampak negatifnya, akan sangat berdampak ke pengembang menengah ke bawah. "Mereka bisa kolaps, karena tidak bisa mengatur cash flow keuangan mereka", ujarnya.

Namun menurut Ali, pengembang menengah kebawah ini masih bisa bertahan jika mereka disiplin dalam pendanaannya.

"Pengembang menengah kebawah siap ngga siap harus siap dengan aturan ini. Mereka harus revisi dan mempersiapkan pendanaannya," katanya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita