325 Jum'at, 15 November 2013 | 09:26:27

Kemenpera Kucurkan Rp3 M Bangun Rusunawa Pesantren

Kemenpera Kucurkan Rp3 M Bangun Rusunawa Pesantren

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menghabiskan Rp3 miliar untuk membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) pondok pesantren di Garut. Pondok Pesantren Suci terletak di Kabupaten Garut, yang bisa menampung 200 orang santri. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan, pondok pesantren merupakan pondok yang sangat memperhatikan pendidikan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Hanya pondoklah yang saya lihat tidak menetapkan biaya uang sekolah dan juga tidak pernah menagih uang makan dan minum", katanya seperti dikutip dari situs resmi kemenpera, Kamis (14/11/2013).

Selain pembangunan Rusunawa, Kemenpera juga akan membangun sarana mandi cuci kakus (MCK) Komunal yang dapat digunakan oleh para santri di Ponpes Suci. Jumlah MCK Komunal yang dibangun sebanyak 10 buah yang terdiri dari lima buah kamar mandi dan lima buah untuk BAB.

Rusunawa Pondok Pesantren Suci akan dibangun satu Twin Blok (TB), yang terdiri dari tiga lantai dan setiap unit kamarnya dapat memuat delapan orang dengan ukuran 9x6.

Tahun ini, pembangunan Rusunawa Ponpes juga dilakukan di daerah-daerah lain, seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Cianjur, Karawang, Tasikmalaya, Banjarnegara, Blora, Demak, Grobogan. Sementara untuk luar Jawa adalah, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Adapun total rusunawa ponpes di seluruh Indonesia yang sudah dikontrak dan dalam tahap pembangunan  ada sebanyak 78 TB. (nia)    

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita