320 Jum'at, 01 November 2013 | 10:43:16

Mau Membeli Rumah di Bintaro, Perhatikan Hal Ini!

Mau Membeli Rumah di Bintaro, Perhatikan Hal Ini!

Bintaro merupakan kawasan yang paling dicari oleh konsumen hunian di Jabodetabek. Perkembangan Bintaro tak terlepas dari mekarnya properti di Bintaro Jaya. Tak dapat dipungkiri, Bintaro Jaya yang memiliki fasilitas lengkap menjadi lokomotif properti di kawasan ini sekaligus men-drive harga. Eskalasi harga properti di Selatan Jakarta ini juga makin masif, lantaran suplai yang terbatas, sementara permintaan terus bertambah.

Menurut Gatot Saharso, Principal Century21 Prima, properti di Bintaro terus berkembang seiring dengan bertambahnya fasilitas yang dibangun, seperti mal Bintaro Xchange, tol Bintaro-Ulujami-Kebon Jeruk, dan Jalan Boulevard Kebayoran.

“Kawasan yang paling berkembang di Bintaro adalah Cluster Emerald dan Kebayoran. Hal ini disebabkan kawasan ini dekat dengan Jalan Boulevard yang menghubungkan tol, dan sebentar lagi terhubung dengan kawasan Graha Bintaro,” papar Gatot, Kamis (30/10).

Dia menuturkan, kisaran harga rumah dengan luas lahan 120 m² di Cluster Emerald bisa mencapai Rp1,8 miliar.

Makin Dekat Bintaro Jaya, Makin Mahal
Menyoal harga, hunian kawasan di luar Bintaro Jaya tidak semahal di Bintaro Jaya. “Harga berkorelasi dengan jarak antara hunian dengan Bintaro Jaya. Pasaran rumah baru di dekat Bintaro Jaya berkisar 70% - 80% dari harga rumah di Bintaro Jaya dengan tipe yang sama.”

Gatot memberi ilustrasi, tipe rumah dengan luas tanah 72 m² di luar Bintaro Jaya masih Rp400-an juta, sementara di Bintaro Jaya, harganya sudah Rp780 juta. Di sisi lain, rumah-rumah di pasar sekunder di luar Bintaro Jaya masih bisa dibeli dengan harga sekitar Rp350 juta.

Sementara itu, capital gain rumah di Bintaro cukup bervariasi. “Dalam dua tahun terakhir, capital gain per tahun di Bintaro Jaya mencapai 30% – 50%, sedangkan di luar Bintaro Jaya berkisar 20% per tahun,” jelas Gatot.

Harga tanah di Bintaro pun terlihat merangkak naik. Di Bintaro Jaya, harga tanah berkisar Rp7 juta – Rp15 juta per meter persegi; sedangkan di luar Bintaro Jaya berada di kisaran Rp2 juta – Rp5 juta per meter persegi.

“Harga tanah tertinggi ini terdapat di Cluster Bukit Menteng,” ungkap Gatot.

Beberapa apartemen pun, di lain pihak, tercatat mulai menghias wajah Bintaro, seperti Bintaro Plaza Residence, Bintaro Park View, Bintaro Icon, dan Embarcadero. Rentang harganya cukup lebar, mulai Rp350 juta – Rp400 jutaan untuk tipe studio, hingga Rp1,6 miliar untuk unit tiga kamar tidur.

Tips Beli Rumah di Bintaro
Bagi calon konsumen yang ingin memberi properti—terutama hunian—di Bintaro, Gatot membagi beberapa tips. Menurutnya, yang penting diperhatikan adalah fasilitas dan aksesibilitas yang tersedia di kawasan tersebut, seperti sarana jalan dan komersial.  

“Pilihlah lokasi yang baik dan perhatikan pengembangan kawasan ke depan (future development). Misalnya, di Bintaro ada rencana pembangunan tol Cinere sampai Bandara Soekarno-Hatta. Pilihlah rumah di kawasan yang dekat dengan akses jalan tol ini,” pungkas Gatot.

Anto Erawan
Sumber : rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita