92 Senin, 28 Oktober 2013 | 09:35:39

Harga Sewa Properti Diperkirakan Stabil di 2014

Harga Sewa Properti Diperkirakan Stabil di 2014

Prospek investasi asing yang bakal masuk ke Indonesia pada tahun 2014 dinilai tidak akan berubah signifikan meski pada tahun tersebut juga bertepatan dengan diselenggarakannya pemilihan umum DPR dan Presiden RI. "Meski menghadapi dinamika politik di tahun depan, prospek investasi asing tidak akan berubah signifikan," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Chris Kanter di Jakarta,


Menurut dia, perkiraan perekonomian nasional terkait investasi asing dinilai masih cukup baik dan hanya akan berpengaruh sedikit karena terdapat perubahan pemerintahan di dalam negeri.

Sebagaimana diberitakan, konsultan properti internasional Cushman & Wakefield menyatakan, pemilihan umum yang digelar di Indonesia setiap lima tahun sekali biasanya bakal mengguncang pasar properti domestik.

"Secara historis, dampak Pemilihan Umum pada tahun 2004 dan 2009 cukup memberikan guncangan kepada pasar properti untuk sementara waktu," kata Head of Research Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo di Jakarta.

Menurut Arief, diperkirakan pada diperkirakan pada akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014 menjelang pemilu, pengembang properti, investor, dan konsumen lebih memilih untuk menunggu saat yang tepat untuk mengambil keputusan, terutama untuk sektor gedung perkantoran "strata-title" (hak milik), kondominium, dan perumahan.

Selain itu, ujar dia, harga sewa dan tarif layanan ("service charge") diperkirakan akan tetap stabil pada 2014, meski beberapa pemilik pusat perbelanjaan berencana untuk meninjau ulang konsesi nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah.

"Beberapa retailer, terutama yang menjual barang-barang impor, lebih memilih untuk menunggu saat yang tepat untuk melakukan perluasan atau penambahan toko," ucapnya.

Hal tersebut, lanjutnya, juga dengan adanya Pemilihan Umum 2014, mengakibatkan pemilik pusat perbelanjaan bakal bersikap lebih berhati-hati dalam menaikkan harga sewa.

Ia juga mengemukakan secara historis pada tahun-tahun politik, tren sewa akan lebih mengarah pada sewa jangka pendek, dimana akan didominasi oleh pegawai-pegawai pemerintahan, organisasi non-pemerintahan, pengamat politik, serta media lokal dan asing.

Sementara menjelang akhir tahun 2013, menurut dia, ekonomi Indonesia semakin terlihat sedang berada di bawah tekanan melalui perlambatan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

Sumber : Berita Satu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita