118 Jum'at, 25 Oktober 2013 | 09:30:47

Pemerintah Upayakan Harga Rumah Tidak Naik Tahun Ini

Pemerintah Upayakan Harga Rumah Tidak Naik Tahun Ini

Asosiasi pengembang Real Estate Indonesia (REI) sudah mengusulkan kenaikan harga rumah karena harga tanah melonjak dan tidak terkendali. Namun, pemerintah hingga saat ini belum memutuskan akankah ada kenaikan harga rumah bersubsidi atau tidak.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat, Sri Hartoyo, Kamis 24 Oktober 2013, menjelaskan bahwa ada usulan kenaikan rumah apapun yang diajukan pihak kementerian. Sebab, banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan.

"Kami belum memikirkan untuk menaikkan, walaupun usulan dan berbagai masukan telah kami terima," ujar Sri kepada VIVAnews.

Menurut Sri, faktor yang dapat mengurangi daya beli masyarakat juga harus diperhitungkan. Ia mencontohkan antara lain kenaikan harga bahan bakar tarif angkutan, dan bahan baku, memang mengurangi keuntungan para pengembang. Namun, untuk menaikkan harga rumah, butuh perhitungan yang tidak sederhana.

Menurutnya, risikonya terlalu tinggi pada pasar jika harga rumah dinaikkan tahun ini.

"Kami mengusahakan tahun ini jangan ada kenaikan. Mungkin kalaupun ada, kenaikan akan diputuskan tahun depan," kata Sri.

Meski begitu, ia melanjutkan, pemerintah mengharapkan tahun ini tidak ada pengurangan pasokan dari para pengembang.

Menurut Sri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengembang untuk mengurangi biaya produksi. Mengurangi finishing merupakan solusi yang paling bijak untuk cukup menekan harga rumah sehingga bisa diserap konsumen.

"Nanti kalau konsumen sudah punya dana lebih mereka akan melakukan finishing sendiri," kata Sri. (sj)

Sumber : Viva news

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita