118 Kamis, 24 Oktober 2013 | 12:04:34

Mau Dapat Rumah Subsidi, Perhatikan 3 Hal Ini

Mau Dapat Rumah Subsidi, Perhatikan 3 Hal Ini

Rumah bersubsidi adalah impian setiap keluarga yang belum memiliki tempat tinggal. Lewat program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), Pemerintah berupaya membuat mimpi tersebut menjadi nyata. Namun, untuk mendapatkan rumah subsidi, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, perhatikan persyaratannya.

Syarat-syarat mendapatkan rumah subsidi antara lain: belum memiliki rumah, gaji pokok maksimal Rp3,5 juta, dan ruah tersebut harus dihuni selama lima tahun. Artinya, dalam lima tahun pertama, rumah tersebut tidak boleh dijual.

Kedua, lokasi rumah. Perlu dimahfumi bahwa rumah subsidi tidak mungkin berada di tengah kota—pasti ada di pinggir atau luar kota. Pasalnya, harga lahan di tengah kota yang tinggi, tidak mungkin dibangun rumah subsidi yang dijual dengan harga terjangkau.

Biasanya rumah yang dicari memiliki jarak sedekat mungkin dengan kantor atau tempat kegiatan lain. Untuk itu, pastikan rumah subsidi yang Anda pilih berada dekat dengan fasilitas transportasi umum, seperti angkutan kota, bus, atau kereta. Setidaknya, Anda bisa menjangkau kantor dengan sepeda motor.

Ketiga, cara pembiayaan. Untuk mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi, Anda dapat menanyakan kepada pengembang rumah yang bersangkutan. Biasanya pengembang sudah bekerjasama dengan beberapa bank resmi penyalur KPR FLPP.

Anda dapat memilih bank yang paling sesuai, baik bank konvensional maupun syariah. Dilihat dari nilai cicilan—kendati bank konvensional berbasis bunga dan bank syariah non-bunga—tak ada perbedaan signifikan.

Uang muka atau down payment (DP) yang biasanya 10% dari harga rumah terkadang menjadi kendala bagi konsumen. Untuk itu, carilah bank yang menawarkan promosi cicilan uang muka atau uang muka 0%.

Anto Erawan
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita