364 Selasa, 22 Oktober 2013 | 10:32:18

Ada MRT, Jalur Pejalan Kaki Lebarnya Minimal 8 Meter

Ada MRT, Jalur Pejalan Kaki Lebarnya Minimal 8 Meter

Fungsi pedestrian atau ruang untuk pejalan kaki dinilai penting. Hal ini dinilai memiliki banyak manfaat. Pengamat Tata Kota, Yayat Supriyatna mengatakan, konsep pedestrian yang bagus menurut Yayat adalah pedestrian yang didesain sesuai dengan tempat dan kapasitas pejalan kaki.

"Pedestrian sepanjang pantai berbeda dengan sepanjang perkantoran. Pedestrian di pertokoan berbeda dengan komplek perumahan," katanya kepada Okezone, Senin (21/10/2013).

Terkait dengan akan dibangunnya jalur Mass Rapid Transir (MRT), dia menyarankan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus melakukan cara untuk menata pedestrian tersebut.

"Untuk pembangunan MRT, jalur pedestrian yang dibangun untuk menampung ribuan pejalan kaki setidaknya memiliki lebar 7-8 meter," katanya.

"Jika ingin membangun MRT, pemerintah sebaiknya menata ulang pagar pembatas yang akan dicopot di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Karena diprediksi ribuan orang akan turun, dan orang akan tumpah ruah kejalan sehingga mengakibatkan kemacetan," ujarnya lagi.

Selain pedestrian, hal lain yang menjadi fasilitas penunjang MRT menurut Yayat adalah furnitur. Furnitur ini meliputi lampu jalan,tempat sampah dan tempat duduk. Selain itu, canopy juga harus ada. Sebaiknya canopy dalam bentuk pohon, agar menambah ruang terbuka hijau. Bisa juga dipercantik dengan adanya taman dan pertokoan yang berjejer rapi.

"Harusnya pemerintah belajar dari stasiun Sudirman. Karena ketidaksediaan pedestrian, tidak ada ruang sehingga saat ribuan orang keluar dari stasiun mengakibatkan kemacetan," tandasnya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita