147 Jum'at, 11 Oktober 2013 | 09:25:33

Kempera Bangun Rusunawa Bagi PNS Pemprov Malut

Kempera Bangun Rusunawa Bagi PNS Pemprov Malut

Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) memprogramkan pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Malut di wilayah Sofifi, Maluku Utara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Maluku Utara Ponsen Harfa mengatakan, kementerian belum merinci alokasi dana dan jumlah blok Rusunawa yang akan dibangun di Sofifi tersebut, namun sudah masuk dalam program prioritas Kemenpera dan rencananya akan direalisasi mulai 2014.

Pemprov Malut sangat mendukung pembangunan Rusunawa tersebut, karena salah satu permasalahan yang dihadapi PNS dilingkup Pemprov Malut pasca-pemindahan ibu kota Provinsi Malut dari Ternate ke Sofifi tahun 2010 adalah belum tersedianya perumahan untuk PNS.

Ia mengatakan sebagian besar PNS dilingkup Pemprov Malut saat ini masih tinggal di Ternate, sehingga sangat berpengaruh pada optimalisasi kinerja mereka mengingat untuk biaya transport dari Ternate ke Sofifi dan sebaliknya, PNS setiap hari harus mengeluarkan minimal Rp75.000.

Pemprov Malut sudah pula menjalin kerja sama dengan perumnas untuk pembangunan perumahan PNS di Sofifi sebanyak 1.000 unit, namun belum semuanya terealisasi dan jumlah itu pun belum sebanding dengan jumlah PNS dilingkup Pemprov Malut yang mencapai 3.000 orang lebih.

"Oleh karena itu pemprov berharap pembangunan Rusunawa dari Kemenpera tersebut bisa terealisasi secepatnya agar PNS di lingkup Pemprov Malut tidak lagi kesulitan tempat tinggal jika ingin menetap di Sofifi. Pemprov sudah menyiapkan lahan dan sejumlah fasilitas lainnya untuk pembangunan Rusunawa itu," katanya di Ternate, Jumat, (11/10).

Pemprov Malut untuk tahun anggaran 2013 juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp32 miliar untuk pembangunan 170 unit rumah dinas di Sofifi, yang diperuntukan bagi para pejabat di lingkup Pemprov Malut, yang peresmiannya dilakukan pada akhir September lalu.

Ia menambahkan, Pemprov Malut juga terus mendorong pengembang untuk membangun perumahan di Sofifi, khususnya tipe Rumah Sederhana (RS) dan Rumah Sangat Sederhana (RSS), karena kebutuhan rumah di daerah ini bukan hanya dari PNS, tetapi juga dari masyarakat umum.

Penulis: /FER

Sumber: Berita Satu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita