243 Selasa, 08 Oktober 2013 | 10:15:13

Ganjar Pranowo Ngebet Bandara Wirasaba di Purbalingga Dikomersialkan

Ganjar Pranowo Ngebet Bandara Wirasaba di Purbalingga Dikomersialkan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menjadikan Bandara Wirasaba di Purbalingga untuk menjadi bandara komersial. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan memimpin langsung agar Bandara Wirasaba segera mendapatkan izin dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

"Pemprov Jateng serius menggarap Bandara Wirasaba, bahkan tadi malam saya sudah bertemu dengan lima bupati dan mereka semua mengatakan serius dan kita akan dorong. Saya nanti yang akan pimpin, jadi korlapnya saya nanti," kata Ganjar Pranowo di usai mengajar di SMK Negeri 3 Purwokerto, Banyumas, Selasa (8/10/2013).

Menurutnya apabila bandara ini dibuka, maka roda perekonomian yang ada di sekitar kabupaten Purbalingga seperti Purwokerto, Banjarnegara, Kebumen, Pemalang, Wonosobo akan tumbuh luar biasa.

"Nantinya akan kita komunikasikan dengan kementerian karena izin dari Kemenhub belum turun, maka kita tata ulang tidak sekedar izin-izinnya," ungkapnya.

Hingga saat ini izin dari Kemenhub dianggap belum mempunyai jawaban yang tegas menganai pemanfaatan Bandara Wirasaba agar menjadi bandara komersial. Mereka masih menganggap Bandara Wirasaba milik militer.

"Kalau milik militer, Semarang juga milik militer, seharusnya ya tidak banyak alasan. Kendala kita masih pada pola kerjasama, pemerintah belum dengan jawaban tegas," ujarnya.

Ganjar menjelaskan, target Bandara Wirasaba menjadi bandara komersial sekitar dua tahun, dimulai dengan pembicaraan izin dan kalau bisa tahun depan sudah mulai di rintis dengan pembangunan panjang landasan yang hanya butuh dana sekitar Rp 80 miliar.

"Tahun ini jika pembicaraan awal sudah tuntas, tahun depan sudah mulai kita rintis, kerja dua tahun selesailah, itu tinggal panjang radius sedikit saja Boeing sudah bisa masuk. Kira-kira butuh anggaran sekitar Rp 80 Miliar itu duit kecil, lima Kabupaten plus Provinsi beres, kita gotong royong," jelasnya.
(arb/hen)

Sumber : Detik Finance

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita